Selasa, 27 September 2022
Bimbingan Belajar

Studi Tiru ke MAN 2 Padang Panjang, MAS Perguruan Islam Ar Risalah Akan Tingkatkan Kualitas Jurusan Timur Tengah

Studi Tiru ke MAN 2 Padang Panjang, MAS Perguruan Islam Ar Risalah Akan Tingkatkan Kualitas Jurusan Timur Tengah

Padang Panjang, Ar Risalah – MAS Perguruan Islam Ar Risalah melakukann studi tiru kurikulum MAPK ke MAN 2 Padang Panjang pada Senin (19/09/22).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus 2 MAN 2 yang berlokasi di Islamic Center Padang Panjang dan disambut oleh Kepala Madrasah ustad Agustamam,S.Ag, Waka MAPK ustadzah Indramadi, S.Ag , M.Pd. dan Waka asrama Yusnizawati , S. Ag.

“Ini adalah kunjungan anak kepada orang tua, karena sebagian besar pendiri Ar Risalah dan guru-guru syar’i adalah alumni MAPK.” Ungkap Kepala Madrasah MAN 2 MAPK.

Kepala Madsrah kemudian mengatakan bahwa MAPK merupakan MAN unggulan Kemenag, dan MAPK yang ada di MAN 2 Padang Panjang merupakan salah satu di antara 10 MAPK yang ada di Indonesia. Bahkan, pada tahun ini MAPK Padang Panjang menjadi MAPK yang paling banyak peminatnya. Kemudian, MAPK di MAN 2 terdiri dari kelas nasional dan kelas Reguler ( program sekolah ) dengan perlakuan, kurikulum, program dan guru yang sama.

Sedangkan MAS Perguruan Islam Ar Risalah dihadiri oleh Kepala LPBA dan Pejabat struktural MAS Perguruan Islam Ar Risalah serta Waka Bahasa pengasuhan.

Adapun objek studi tiru yang dilakukan yaitu kurikulum kelas pagi, kurikulum tutorial dan matrikulasi, kegiatan pendukung, serta model pembinaan di asrama.

Pada kesempatan tersebut, Kepala MAS Perguruan Islam Ar Risalah ustadz Aslam Hadi, Lc. mengatakan di usia ke 15 tahun, MAS Perguruan Islam Ar Risalah terus belajar, berbenah dan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, pembinaan dan pelayanan serta tidak berpuas diri dengan pencapaian yang sudah diraih.

“kunjungan ke MA 2 Padang Panjang jurusan MAPK yg dilakukan sangat bermanfaat untuk peningkatan manejerial dalam pengelolaan pendidikan dan pembinaan jurusan Keagamaan atau yang lebih dikenal dengan istilah jurusan Timur Tengah MAS Perguruan Islam Ar Risalah” Ungkap ust Aslam Hadi, Lc

Ustadz Aslam juga menyampaikan, banyak hal yang bisa ditiru dan diterapkan terkait pola atau metode pendidikan dan pembinaan jurusan MAPK di MAS Perguruan Islam Ar Risalah. Ustad Aslam juga berharap semoga kerjasama dan silaturrahim
terus terjaga.

Kapala Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) mengatakan bahwa tujuan studi titu tersebut untuk mempelajari kurikulum MAPK yang ada di MAN 2 Padang Panjang dan Program2 pendukung .

“Untuk kurikulum pagi , hampir sama dengan kurikulum Ar Risalah jurusan Timur Tengah, tetapi untuk kegiatan pendukungnya sangat bnayak yang harus ditiru dan dilaksanakan untuk mencetak lulusan jurusan Timur Tengah seperti lulusan MAPK.” Ungkap Kepala LPBA ustadzah Desri Tisma, Lc.

Lebih lanjut, ustadzah Tisma mengatakan MAN 2 melakukann kelas matrikulasi ( Nahwu sharaf ) setiap sore selama 1 tahun, tutorial bagi kelas 11 dan 12 , program baca kitab Tafsir, Hadits, dan buku Fiqh .

“Dan yang tidak kalah menarik, kegiatan apel pagi siswa siswi MAPK sebelum masuk kelas setiap paginya, disertai dengan murajaah matan Al Jurumiyah secara bersama sama.” Tambah ustadzah Tisma.

“Harapannya dengan mempelajari itu semua kemudian mempraktekkannya, MAS Perguruan Islam Ar Risalah jurusan Timur Tengah bisa lebih berkualitas lagi. Khsusnya kualitas di bidang bahasa Arab, tahfidz dan penguasaan kitab turats (kitab kuning).” Tutup Kepala LPBA ustadza Desri Tisma, Lc.