Selasa, 27 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Merayakan BKSN 2022, SMAN 3 Borong Selenggarakan Lomba Kuis Kitab Suci Antar Kelas

Suasana lomba kuis kitab suci tingkat SMAN 3 Borong (Foto:Humas SMAN 3 Borong)

BKSN adalah akronim dari Bulan Kitab Suci Nasional. Ide perihal BKSN itu sendiri diprakarsai oleh Lembaga Biblika Indonesia atau yang disingkat LBI.

LBI merupakan sebuah badan milik Konferensi Waligereja Indonesia(KWI) yang sejak 1967 menangani kerasulan Kitab Suci secara nasional. Adapun salah satu tugas utama LBI adalah menterjemahkan Alkitab ke dalam Bahasa Indonesia.

Berbicara tentang BKSN, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) melalui Lembaga Bibilika Indonesia ( LBI) menetapkan bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional.

Seiring ditetapkannya bulan September sebagai Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN), maka dari itu lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong mengisinya dengan menyelenggarakan lomba Kuis Kitab Suci antar kelas.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan panitia penyelenggara, kegiatan yang bertujuan mengais pengetahuan siswa seputar Gereja dan Kitab suci itu dimulai Rabu, 21 September 2022 dan berakhir pada Jumat, 23 September 2022.

Dalam acara pembuka kegiatan tersebut Rabu, 21 September 2022, Ketua Panitia dalam hal Ini Ibu Yuliana Sinarni, S.Ag dalam sambutan singkatnya melayangkan harapan mendalam perihal kegiatan tersebut. Beliau berharap agar kegiatan Kuis Kitab Suci tingkat SMAN 3 Borong itu bisa membuat kita semakin baik untuk tumbuh dalam iman.

Sementara itu, Bapak Kepala Sekolah dalam sambutannya menyatakan dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ketua panitia atas terselenggaranya kegiatan Kuis Kitab Suci Tingkat SMAN 3 Borong itu.

Selain itu, beliau juga berharap agar kegiatan ini terdokumentasi dengan baik agar menjadi unsur penting dalam mengajukan proposal ke Pihak DEPAK nantinya.

Perihal perlombaan Kuis Kitab Suci yang dikemas dalam tema ” Allah Sumber Kehidupan Baru” itu, adapun kontestan yang ikut berkompetisi adalah kelas X,XI dan XII. Setiap kelas wajib mengutus satu regu yang terdiri dari 3 anggota.

Karena keseluruhan kelas yang ada di SMAN 3 Borong terhitung dari kelas X,XI,dan XII berjumlah sembilan kelas, maka dari itu jumlah regu yang ikut berkompetisi pun berjumlah sembilan regu.

Kesembilan regu tersebut dibagi ke dalam 3 kelompok yang mana masing-masing kelompok berisikan 3 regu.

Sementara itu, lomba kuis kitab suci tersebut dibagi ke dalam dua babak yakni babak penyisihan dan babak final.

Untuk babak penyisihan, masing-masing regu akan berkompetisi dalam kelompok yang telah ditentukan.

Sementara untuk babak final, regu yang memperoleh skor paling tinggi dari setiap kelompok di babak penyisihan akan kembali bersua di babak final yang akan terjadi pada Kamis, 22 September 2022.

Dan untuk diketahui, babak penyisihan telah terjadi hari ini, Rabu 21 September 2022. Adapun hasilnya adalah kelas XB, XII IBB dan XII MIA menjadi tiga regu yang akan kembali bertarung di babak final yang akan terjadi pada Kamis 22 September 2022.