Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

KEMERIAHAN SMANDA DALAM MEMPERINGATI HUT RI KE-77

Tepat pada hari Selasa dan Rabu (16-17/08/22) SMAN 1 Pandaan mengadakan beberapa acara dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia, salah satunya mengadakan perlombaan yang bertema “Dolanan Agustusan”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga SMANDA baik siswa, guru, maupun staf tata usaha. Perlombaan ini memiliki tujuan untuk membangkitkan semangat dan gelora jiwa generasi muda agar dapat meneruskan semangat yang dimiliki para pahlawan bangsa ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Lomba-lomba tersebut memiliki esensi utama yaitu sebagai sarana pembentuk dan pembangkit semangat nasionalisme melalui aktivitas yang menarik, menyenangkan, dan inovatif.

Semua lomba yang diadakan bertempat di lapangan SMANDA Sport Center .  Hal ini berbeda dengan lomba menghias tumpeng. Lomba ini dilakukan di SMANDA 2 , sedangkan lomba menghias sudut baca  dilaksanakan di kelas masing-masing. Perlombaan pertama pada hari Selasa (16/08/22) tingkat siswa, meliputi lomba pojok baca yang dimenangkan oleh kelas 12 IS 2, lomba jembatan kardus dan jaring bola dimenangkan oleh kelas 11 IBB 1, lomba koin dan kelereng dimenangkan oleh kelas 10G, lomba  makan kerupuk dimenangkan oleh kelas 12 MIA 2.

Perlombaan bagi guru dilakukan pada hari Rabu (17/08/22). Lomba yang dilakukan oleh guru kurang lebih sama, yaitu meliputi lomba estafet sarung yang dimenangkan oleh tim PJOK dan PAI, lomba nyuwun tempeh juara 1 diraih oleh tim tata usaha, lomba makan kerupuk dimenangkan oleh tim PJOK.

Selain lomba yang telah disebutkan ada nominasi yang menarik juga untuk guru-guru, seperti peserta terheboh yang diraih oleh Pak Jufar dan Pak Dimas, peserta terleko diraih oleh Pak Bashori.

                Selain lomba yang telah disebutkan di atas, ada satu lagi lomba yang menarik yaitu menghias tumpeng. Dalam perlombaan ini terdiri dari gabungan 3 kelas yaitu meliputi kelas 12,11, dan 10. Setiap kelas akan diwakilkan oleh 2 orang. Waktu untuk menghias tumpeng dimulai pukul 10.45 – 11.45. Diadakannya lomba tumpeng karena memiliki nilai kebudayaan yang tinggi. Lomba ini dimenangkan oleh Tim Ir. Soekarno (10-A, 11 MIA 1, 12 MIA 1).

“Kesan kepada warga SMANDA adalah antusiasmenya yang patut diapresiasi dalam berpartisipasi di rangkaian kegiatan SEPEKAN ’22 ini, karena sudah beberapa tahun terakhir kegiatan semacam ini belum dapat terlaksana dan pada tahun ini akhirnya kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI dapat terlaksana dengan baik yang tidak terlepas dari dukungan warga SMANDA sekalian,” ujar Kayla M. Nadiva, selaku panitia lomba dari 11 MIA 3

 
Reporter: Afrizia Dita, Dinda Putri P.A, dan Intan nia