Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Kompetisi MLBB untuk Perayaan HUT RI ke-77

Mobile Legends merupakan game online yang sangat digandrungi oleh semua kalangan di dunia. Kompetisi e-sport game Mobile Legend Bang Bang (MLBB) ini juga diselenggarakan di SMA Negeri 1 Pandaan selama 4 hari berturut-turut, yakni Sabtu-Selasa (13-16/08/2022). Kegiatan ini diadakan dalam rangka perayaan HUT RI ke-77. Setiap kelas mengirimkan perwakilan untuk mengikuti perlombaan tersebut.  Kompetisi MLBB diadakan guna meningkatkan kerja sama antar kelas dan membangun sikap menghargai antar sesama.

Kegiatan lomba ini menggunakan sistem pertandingan BO1 (Best Of One) yaitu sistem gugur, artinya tim diwajibkan menang satu kali dan masuk babak penyisihan selanjutnya. Lalu saat final menggunakan sistem pertandingan BO3 (Best Of Three), artinya tim diwajibkan untuk menang dua kali dalam pertandingan.

Kompetisi ini diadakan secara campuran, yaitu online dari rumah bagi babak penyisihan 1 dan 2. Lalu dilanjut offline untuk babak semifinal dan final yang bertempat di ruang koordinasi dan aula atas. SMA Negeri 1 Pandaan juga menyediakan hadiah total berupa uang tunai, trophy, dan sertifikat bagi para pemenang kegiatan e-sport game MLBB.

Sistematis Pertandingan hari pertama menggunakan sistem BO1 dengan 1 kali kemenangan (18 tim yang lolos dari kualifikasi 36 tim). Hari kedua tetap menggunakan sistem BO1 dengan 1 kali kemenangan dari 9 tim yang lolos ditambah 1 tim SEAL (fun match), untuk masuk babak perempat final. Dalam babak perempat ini akan ada salah satu tim yang mendapatkan kesempatan bermain dengan tim guru-guru yang sesuai dengan bagan klasemen. Hari ketiga menggunakan sistem BO1 dengan 1 kali kemenangan dari 5 tim yang lolos babak quarter final, untuk masuk babak semifinal. Hari keempat menggunakan sistem BO3 dengan 2 kali kemenangan dari 2 tim yang lolos babak semifinal yang akan maju ke babak final.

Selain itu ada sejumlah ketentuan penalti, diskualifikasi, antara lain jika peserta bermain menggunakan ID yang berbeda dengan data tanpa konfirmasi ke panitia, ketahuan menggunakan bug secara sengaja, berkata kasar atau tidak sopan terhadap player lain maupun panitia. Jika terlambat dalam memasuki room game, panitia akan memberikan toleransi 10 menit setelah lomba dimulai, jika melebihi waktu tersebut maka panitia akan menyatakan tim tersebut gugur dan didiskualifikasi. Adapun kegiatan ini melibatkan kepanitiaan OSIS-PK dan juga bapak/ibu guru SMA Negeri 1 Pandaan dalam keberlangsungan kompetisi ini agar berjalan lancar. Peserta MLBB yang berhasil meraih juara umum adalah peserta dari kelas 11 MIA 2.

“Dalam MLBB ini para anggota laki-laki OSIS sangat antusias untuk mencipkan lomba E-Sport yang meriah dan dikarenakan warga SMANDA antusias selama berjalannya event, kami turut senang juga,” ucap Umar Saleh Bazed, selaku salah satu panitia MLBB.

“Sebagai juara, saya sangat bangga. Karena di SMIC 2.0 ini, bisa menjadi pembalasan dari tahun yang sebelumnya,” ucap Raditya Amirul Azhar, selaku peserta MLBB dari kelas 11 MIA 2.

 Reporter: Cindi Bintang Rahmadania dan Wafi Luthfika