Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Seminar Kebinekaan: Menumbuhkan Jiwa Nasionalis dan Toleransi Pelajar

Masih dalam suasana hari kemerdekaan Indonesia, SMAN 1 Pandaan mengadakan seminar kebinekaan dengan mengundang Bapak M. Syukron Abi selaku Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Trainer Capacity Building sekaligus Alumni Lemhannas RI. Seminar ini diadakan di Aula atas pada Jumat, (26/08/2022) dengan dihadiri oleh perwakilan siswa-siswi pada setiap kelas XI dan XII.

Seminar dimulai pada pukul 13.00 dengan pembukaan oleh Sensei Imad dan sambutan dari kepala sekolah, Bapak Drs. Ariadi Nur Awalukianto, M.Pd. Setelah itu dilanjut dengan penyampaian materi oleh Bapak M. Syukron Abi. Materi yang beliau sampaikan bertema “Kebinekaan Global dan Moderasi Beragama.” Alasan pemilihan tema tersebut karena sangat relevan dengan kehidupan di Indonesia yang penuh akan keberagaman dan guna mengajarkan arti toleransi serta rasa nasionalis terhadap pelajar. Ketika pemaparan materi, dipertontonkan juga sebuah lagu yang berjudul “Manisnya Negeriku” ciptaan Pujiono, lalu peserta menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Acara ditutup dengan pengucapan ikrar serentak dengan dipandu oleh pemateri.

“Satu yang saya tekankan, jaga NKRI kita, tidak boleh kita mendiskriminiasi yang lain, tidak boleh kita gara-gara berbeda lalu muncul konflik. Hindari semua itu, mari kita bangun harmoni diantara kita untuk Indonesia yang lebih baik dan yang paling penting adalah kita membangun silaturahmi dan harmoni untuk kejayaan Indonesia kita kedepannya,”  tutur Bapak M. Syukron Abi.


Reporter: Salsabilah Putri dan Adinda Isya