Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

ECONOMICS DAY Diwarnai Kegiatan Praktisi Mengajar dan Kuliah Umum

<strong><em>ECONOMICS DAY</em></strong><strong> Diwarnai Kegiatan Praktisi Mengajar dan Kuliah Umum</strong>

AGENDA tahunan bernuansa akademik yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIB bertajuk “Economics Day” tahun 2022 diwarnai kegiatan praktisi mengajar dan kuliah umum dengan menghadirkan tenaga professional yang expert di bidangnya dan dosen-dosen dari luar kampus UNIB, Selasa (20/9/2022).

Dekan FEB UNIB Dr. Armelly ketika menyampaikan sambutan. (foto:hms1)

Kegiatan-kegiatan ini selain meningkatkan kapasitas dan kwantitas dosen luar dan praktisi yang berkegiatan di dalam kampus untuk mendorong terwujudnya pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) institusi, juga sangat bermanfaat bagi penambahan asupan informasi yang up to date dan pengkayaan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen.

“Kita ketahui, teknologi informasi berkembang begitu cepat yang menyasar seluruh aspek kehidupan. Begitupun bidang ilmu-ilmu ekonomi, juga tak luput dari pengaruh disruption era sebagai efek perkembangan industry 4.0 yang terjadi saat ini. Maka, untuk meng-update berbagai informasi tersebut kita mengundang para praktisi dan professional serta dosen-dosen dari luar kampus untuk memberikan pengkayaan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa,” ujar Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB, Dr. Fachrruzaman, S.E, MDM, Ak sebagai Koordinator Penyelenggara Economics Day.

Praktisi dan dosen dari luar UNIB yang diundang pada “Economics Day” tahun ini antara lain, Hidayatullah, S.E, M.Si, M.Kom, Ak, CA, CPA, CIISA, CDMP yang merupakan Auditor dari Kantor Akuntan Publik Bambang Sutopo dan Rekan di Tangerang juga Dosen pada Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung. Kemudian, Roza Mulyadi, S.E, Ak, M.Akt, CA, CIPA, CIBA, CSRS yang merupakan Pimpinan Kantor Akuntan Publik dan Kantor Jasa Akuntan Roza Mulyadi, juga Dosen tetap Jurusan Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan pernah menjadi Ketua Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Banten (2009-2015).

Berikutnya, Economics Day FEB UNIB juga menghadirkan Edi Pranyoto, S.E, MM, CRM, CISMA yang merupakan seorang peneliti pengelolaan keuangan dan dosen IIB Darmajaya Lampung, serta Dr. Damanhur Abbas, Lc, MA yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe Aceh yang juga seorang Ustad dan Penceramah.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, ketika menyampaikan sambutan. (foto:hms1)

Agenda Economics Day mendapat apresiasi dan dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc. Dengan kegiatan ini kata Rektor, selain mengejar capaian IKU istitusi di bidang peningkatan academic atmosfer, juga dapat memberikan pengalaman dan pengkayaan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa.

“Apalagi Saya lihat tema-tema yang diangkat dan dikupas pada kuliah umum dan FGD dalam agenda Economics Day ini sangat relevan dengan kondisi kekinian, dimana kita harus cepat mengetahuai dan memahami berbagai perkembangan ilmu-ilmu ekonomi seiring berkembang-pesatnya Teknologi Informasi. Banyak informasi yang tidak didapat di bangku perkuliahan tapi bisa diakses dan dipahami oleh mahasiswa melalui kegiatan ini. Artinya, kegiatan ini sangat penting dan harus ditingkatkan terus-menerus,” ujar Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Sebelumnya, Dekan FEB UNIB Dr. M. Armelly, S.E, M.Si menjelaskan, pada Economics Day tahun 2022 ini seluruh jurusan dan program studi di FEB UNIB menggelar kegiatan bernuansa akademik dengan menghadirkan praktisi dan dosen dari kampus lain untuk memberikan materi tentang berbagai perkembangan ilmu-ilmu ekonomi dan bisnis. Selain dihelat di ruang rapat utama gedung rektorat, kegiatan FGD dan Kuliah umum juga dilaksanakan di ruang pertemuan dekanat FEB UNIB.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh narasumber, praktisi dan dosen dari kampus-kampus mitra kerjasama FEB UNIB yang telah bersedia berbagi pengalaman, informasi dan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa FEB UNIB. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam upaya meningkatkan atmosfer akademik,” ujarnya.

Foto bersama pimpinan UNIB, pimpinan FEB UNIB, para narasumber dan panitia Economics Day. (foto:hms1

Tema-tema yang diangkat pada kuliah umum dan FGD Economics Day, yaitu “Akuntan Sudah Tidak Dibutuhkan !” dengan narasmber Auditor dan Dosen IIB Darmajaya Lampung Hidayatullah, “Peluang Enterpreneur Muda dan Persiapannya : Perspektif Mahasiswa” dengan narasumber Roza Mulyadi yang merupakan Pimpinan Kantor Akuntan Publik juga Dosen tetap Jurusan Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Berikutnya, kuliah umum dengan tema “Industri Halal Sebagai Motor Perekonomian di Indonesia” yang dipaparkan Dosen Universitas Malikussaleh Dr. Damanhur, Lc, MA. Lalu, pada Jurusan Ekonomi Pembangunan dilaksanakan seminar dengan tema “Analisis Data Kuantitatif dan Aplikasi dalam Penulisan Jurnal Ilmiah” dan pada Jurusan Manajemen seminar “Olah Data Penelitian (Statistik Kuantitatif) Bagi Mahasiswa dengan narasumber Edi Pranyoto.

Sebelumnya juga telah digelar kuliah umum dengan tema “Efektivitas Fintech Dalam Optimalisasi Filatropi Kaum Milenial” yang menghadirkan Dr. Damanhur Abbas sebagai pembicara di aula gedung FEB UNIB dan Kuliah Bersama Praktisi Dunia Usaha Dunia Industri dengan tema “Persiapan Menjadi Auditor dan Konsultan Akuntansi dan Character Building for Professional” dengan narasumber Hidayatullah.[Penulis : Purna Herawan/Humas].