Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

FIS UNJ Mengundang Mr. Yoji Sato, Ketua Eurasia Foundation (from Asia) Dalam Sesi ke-4 Eurasia International Course

FIS UNJ Mengundang Mr. Yoji Sato, Ketua Eurasia Foundation (from Asia) Dalam Sesi ke-4 Eurasia International Course

Humas UNJ, Jakarta-Kamis, 22 September 2022, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) menyelenggarakan The Eurasia International Course untuk pertemuan ke-empat. Di mana FIS UNJ menjalin kerjasama dengan The Eurasia Foundation (from Asia) untuk program International Guest Lecturer Series.

International Guest Lecturer Series ini akan dilaksanakan oleh FIS UNJ 1 kali pertemuan setiap minggunya, dari bulan September 2022 hingga Desember 2022. Total pertemuan dari September 2022 hingga Desember 2022 sebanyak 17 kali pertemuan. Nantinya selama 17 kali pertemuan akan diisi materi oleh berbagai narasumber ahli dan dengan topik bahasan yang berbeda.

Kegiatan ini sendiri dilakukan secara hybrid, baik secara dari daring melalui Zoom dan Live Streaming Youtube FIS UNJ Official, dan luring di Gedung Dewi Sartika, Lantai 10, Kampus A UNJ. Kegiatan ini diikuti oleh 42 mahasiswa yang hadir daring dan 72 mahasiswa hadir luring, dosen serta masyarakat umum, baik di UNJ maupun di luar UNJ.

Pada pertemuan ketiga ini, FIS UNJ menghadirkan narasumber Mr. Yoji Sato sebagai Chairman dari Eurasia Foundation (from Asia) dengan topik “the Bringing of Multiculturalism in Asia”. Melalui pemaparan daringnya, Mr. Yoji Sato menyampaikan bahwa bagaimana perbedaan pandangan di dunia menyebabkan konflik-konflik peperangan di berbagai belahan dunia yang banyak ditemui saat ini. Mr. Yoji Sato juga memaparkan perjalanannya dalam menemukan jawaban-jawaban dari empat pertanyaan: Apa itu ego? Apa itu manusia? Apa itu hidup? dan Apa substansi utama? yang dapat menjadi proposisi untuk mengartikan kebenaran abadi yang dapat menjadi jalan untuk menuju kondisi tanpa adanya pertentangan.

Pada pertemuan ke-empat ini, Rakhmat Hidayat selaku koordinator pelaksana kegiatan menyampaikan cerita dan pesan untuk memotivasi mahasiswa untuk dapat berprestasi melalui perkuliahan Eurasia International Course.

Sementara itu Prof. Sarkadi selaku Dekan FIS UNJ juga menyampaikan ucapan terima kasih secara langsung kepada Mr. Yoji Sato atas kesempatan dan kepercayaan dari Eurasia Foundation (from Asia) kepada FIS UNJ untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan international ini. Prof. Sarkadi, M.Si juga menyampaikan jika ilmu-ilmu yang didapat hari ini merupakan kesempatan yang tidak datang dua kali untuk didapatkan oleh mahasiswa, sehingga diharapkan materi hari ini dan perkuliahan ini dapat memberikan manfaat bagi Mahasiswa, ucap Prof. Sarkadi.