Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Unika Student Care, Sahabat Konseling Mahasiswa

Unika Student Care, Sahabat Konseling Mahasiswa

Isu kesehatan mental akhir-akhir ini cukup akrab di telinga, di jaman sekarang ini problematika mental ternyata bukan lagi menjadi hal yang tabu. Mahasiswa sebagai bagian dari remaja dan dewasa awal terkadang masih kesulitan untuk menjaga kesehatan mentalnya sendiri. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, seperti faktor genetik, lingkungan keluarga atau pertemanan, gaya hidup, atau mungkin beratnya beban yang ditanggung saat berkuliah. Bila kesehatan mental ini diabaikan atau tidak dijaga dapat menghambat proses belajar dan dinamika mahasiswa.

Unika Soegijapranata hadir bukan hanya menjadi tempat menuntut ilmu secara akademis, namun juga menjadi tempat untuk berbagi banyak hal, salah satunya mengenai bagaimana menjaga kesehatan mental. Unika Student Care (USC) merupakan salah satu unit yang mewujudkan kepedulian kampus terhadap mahasiswanya. USC memiliki misi yaitu mencegah segala bentuk kekerasan di lingkungan kampus, mempromosikan kesehatan mental dan mewujudkan lingkungan kampus yang sehat, serta mendampingi, melindungi, dan memulihkan mahasiswa yang membutuhkan bantuan psikologis dan hukum.

Oleh karena itu, USC mempunyai para psikolog yang nantinya akan melayani dan mengatasi kerisauan mahasiswa. Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Unika Soegijapranata, Dr. Siswanto S.Psi., M.Si. Tak hanya itu, USC juga menugaskan beberapa dosen fakultas pilihan dan sudah terlatih untuk melakukan pendampingan pula pada setiap mahasiswa yang membutuhkan.

“Selain mengurus bullying, kekerasan seksual, USC juga menangani narkotika. Jadi kami juga melatih mahasiswa, namanya Buddies, untuk melihat dan menjadi teman curhat mahasiswa lain, dan Buddies ini sengaja juga disebar setiap fakultas guna mendeteksi mahasiswa yang terindikasi menggunakan narkoba supaya mahasiswa tersebut bisa segera ditangani,” ungkapnya.

Siswanto menjelaskan, ada tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan jikalau mahasiswa ingin berkonsultasi. Langkah pertama yang dilakukan adalah mahasiswa menghubungi terlebih dahulu melalui email [email protected] atau no. HP 082135163879. Lalu, mahasiswa yang sudah mengirimkan ajuan konsultasi akan dihubungi kembali oleh Tim USC untuk membahas temu janji kapannya bisa berkonsultasi.

“Dengan adanya USC ini juga merupakan wujud kita untuk merawat lingkungan kampus. Sekaligus fasilitas dan sarana yang memang harus kita hidupkan untuk mahasiswa, supaya cita-cita menjadikan kampus Unika Soegijapranata yang aman dan yang sehat. (Dim)

Jadi untuk kamu yang butuh bantuan mengenai kesehatan mental maupun butuh tempat bercerita, bisa langsung hubungi USC ya.. USC siap jadi sahabatmu!