Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

64 Tahun ULM: BLU, Akreditasi A dan Tantangan Pendidikan Tinggi Di Era Disrupsi 4.0

64 Tahun ULM: BLU, Akreditasi A  dan Tantangan Pendidikan Tinggi Di Era Disrupsi 4.0

Senat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar sidang terbuka dengan acara Dies Natalis ULM ke 64 tahun 2022. Auditorium ULM Banjarbaru pun dipadati oleh mahasiswa, dosen, serta tamu undangan pada Rabu (21/9/2022). ULM mengusung tema “ULM Maju, Indonesia Jaya” pada Dies Natalis tahun ini. Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri MS., mengisi acara Dies Natalis ULM ke-64 dengan menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul  “Peluang Dan Tantangan Pendidikan Tinggi di Era Disrupsi Industri 4.0, Perubahan Iklim, dan Dinamika Geopolitik Global yang Kian Dinamis”.

Gubernur Kalimantan Selatan Dr.(HC) H. Sahbirin Noor, MH., hadir diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr Ir H Suparno, MP. dan menyerahkan secara simbolis bantuan dana hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kepada ULM sebesar Rp3.344.000.000. Dana ini disebutkan oleh Dr. Suparno diberikan untuk digunakan sebagai beasiswa bagi mahasiswa program  studi pendidikan doktor, bantuan untuk tenaga pendidik yang menempuh pendidikan program dokter, pengembangan sumber daya tenaga kependidikan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana kampus ULM.

 “Terima kasih atas komitmen yang diberikan Pemprov Kalsel secara kontinu kepada ULM, ini sangat bermanfaat sekali,” ucap Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc saat memberikan pidato. Dalam pidatonya beliau mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika dan pihak yang membantu dalam kemajuan ULM. Hingga kini ULM telah masuk ke dalam ranking 100 besar universitas dan telah resmi menjadi PTN dengan status Badan Layanan Umum. Selain itu, ULM juga mengalami peningkatan pesat dalam jumlah profesor, doktor, dan akreditasi prodi. “Saya berharap kemajuan ULM bisa terus dipertahankan dan terus diperjuangkan,” tutur beliau.

Pada kesempatan ini, ULM juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa, dosen, dan fakultas yang berprestasi. Rektor berharap mereka yang berprestasi dapat terus mempertahankan semangatnya dan dapat menginspirasi teman-teman lainnya.