Rabu, 17 April 2024
Perguruan Tinggi

Wamenkumham Kunjungi UNJA, Ajak Mahasiswa Dialog RKUHP

Wamenkumham Kunjungi UNJA, Ajak Mahasiswa Dialog RKUHP

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan dialog publik mengenai Rancangan Kibab Undang-undang Hukum Pidana (RKHUP) bersama Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Prof. Dr. Eddy O.S Hiariej, S.H., M.Hum. Dialog ini dibuka oleh Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc,. Ph.D., dan dihadiri oleh para peserta dialog yang sebagaian besar berasal dari Fakultas Hukum (FH) UNJA, pada Kamis, (22/9/2022).

Tujuan dari dialog ini ialah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa UNJA dan peserta yang hadir tentang bagaimana pentingnya menyikapi (RKUHP) di Indonesia dalam sudut pandang pembaharuan.

Lebih lanjutnya, Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Dr. EddyO.S Hiariej, S.H., M.Hum., menyampaikan bahwa dalam membuat RKUHP di negara yang multi etnis, religi ataupun culture seperti Indonesia ini tidak mudah, karena setiap isu yang diatur pada RKUHP pasti selalu menimbulkan kontroversi.

“Sebagai pembuka, saya selalu mengatakan bahwa kapanpun dan dimanapun dalam membuat suatu RKUHP itu tidaklah mudah, apalagi di negara multi etnis, religi dan culture seperti Indonesia ini karena biasanya setiap isu yang diatur pasti menimbulkan kontroversi dalam pembuatannya, ”ujar Prof. Eddy O.S Hiariej.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa mahasiswa juga harus mampu memahami dan menyikapi RKUHP ini dalam sudut pandang pembaharuan.

“RKUHP yang ada di Indonesia ini saya katakan sudah sangat lama sekali umurnya, jadi perlu dan sangat penting bagi adik-adik mahasiswa sekalian untuk memahami dan menyikapi RKUHP dalam sudut pandang pembaharuan” tambah Eddy.

Terakhir, beliau memberikan apresiasi serta harapannya terhadap mahasiswa UNJA atas kegiatan dialog yang dilakukan hari ini.

“Saya sangat mengapresiasi semangat para mahasiswa UNJA dalam mengikuti kegiatan dialog RKUHP ini, saya berharap mahasiswa UNJA dapat semakin maju dan sukses,” tutup Prof. Eddy O.S Hiariej.

Sementara itu, Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc,. Ph.D., menyampaikan sambutan dan ucapan terimakasihnya terhadap kegiatan dialog yang dilakukan hari ini.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan dialog RKUHP yang terlaksana ini dan saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Prof. Dr. Eddy O.S Hiariej, S.H., M.Hum., karena berkenan hadir dalam dialog ini” ucap Rektor.

Silvia Yuliansari/Ilham/HUMAS