Jumat, 30 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Unggul Tipis Atas XII MIA, Kelas XII IBB Juarai Lomba Kuis Kitab Suci Tingkat SMAN 3 Borong

kontestan dari kelas XII IBB saat berpose dengan Bapak Kepala Sekolah SMAN 3 Borong bersama Dua Guru lainnya (Foto: Humas SMAN 3 Borong)

Dalam rangka merayakan BKSN yang jatuh setiap bulan September, Civitas akademika SMAN 3 Borong menyelenggarakan lomba kuis kitab suci antar kelas yang telah dimulai kemarin, Rabu, 21 September 2022.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia perihal perlombaan, hari ini Kamis, 22 September 2022 merupakan hari kedua penyelenggaraan lomba kuis kitab suci tingkat SMAN 3 Borong, sekaligus hari atau momen dimana babak final lomba kuis kitab suci antar kelas itu terjadi.

Adapun kelas yang akan berkompetisi memperebutkan kampiun juara pada babak final lomba kuis kitab suci tingkat SMAN 3 Borong adalah kelas XB, XII IBB dan XII MIA.

Jalannya babak final pun berlangsung seru. Regu C yang ditempati oleh kelas XII IBB mempimpin di sesi pertanyaan wajib.

Dari sepuluh pertanyaan yang diajukan mereka berhasil menjawab 7 pertanyaan dengan sempurna dengan bobot nilai 100 ditambah satu nomor pertanyaan yang dijawab dengan bobot 50.

Jadi total nilai yang dikumpulkan oleh Kelas XII IBB adalah 750 nilai dan untuk sementara mengungguli 2 kompetitornya dari kelas XB dan XII MIA yang masing-masing mengumpulkan nilai 400 dan 500.

Persaingan dalam perebutan nilai pun belum berhenti disini. Pasalnya, para kontestan harus kembali berkompetisi di sesi pertanyaan rebutan yang terdiri dari 7 pertanyaan.

Dalam sesi ini, giliran Regu B yang ditempati oleh kelas XII MIA yang terlihat paling getol dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tercatat, dari 7 pertanyaan yang diajukan, Regu B berhasil menjawab 3 pertanyaan dengan sempurna dan berhasil mengumpulkan Skor 800. Unggul 50 nilai dari Regu C, Kelas XII IBB dengan 750 nilai.

Kendati demikian, ditengah geliatnya dominasi Kelas XII MIA untuk 3 pertanyaan awal di sesi rebutan, rupanya, Dewi Fortuna masih saja berpihak pada kelas XII IBB.

Terbukti satu pertanyaan menjelang pertanyaan terakhir di sesi yang menegangkan itu pun berhasil dijawab dengan sempurna oleh kelas XII IBB.

Sehingga dengan begitu, nilai bertambah 100 untuk kelas XII IBB. Skor yang sebelumnya 750 berubah menjadi 850. Unggul 50 nilai dari kelas XII MIA yang berhasil mengumpulkan nilai 800.

Hingga pertanyaan terakhir usai diajukan, skor dari ketiga regu pun tidak berubah. Dengan demikian, mahkota juara untuk lomba kuis kitab suci antar kelas tingkat SMAN 3 Borong kali ini berhasil diberikan kepada kelas XII IBB.

Untuk diketahui, dari total 7 pertanyaan di sesi rebutan, terdapat 5 pertanyaan yang berhasil dijawab dengan sempurna tanpa minus. 3 dari kelas XII MIA, sementara kelas XB dan XII IBB berhasil menjawab masing-masing 1 pertanyaan.

Jadi total perolehan nilai dari 3 regu tersebut terhitung dari sesi pertanyaan wajib dan Pertanyaan Rebutan adalah sebagai berikut:
Regu A (XB) : 500 (Juara 3)
Regu B (XII MIA) : 800 (Juara 2)
Regu C (XII IBB). : 850 (Juara 1)