Kamis, 29 September 2022
Sekolah Menengah Pertama

LAUNCHING GERAKAN SEHARI BERBUDAYA PASTI ACEH (SEDATI) SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH

LAUNCHING GERAKAN SEHARI BERBUDAYA PASTI ACEH (SEDATI) SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH

Banda Aceh, Kamis (22/9/22) SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh melaksanakan launching gerakan SEDATI Aceh (SEhari berbuDAya pasTI Aceh). Gerakan SEDATI Aceh untuk mengindahkan program dari pj. Walikota Banda Aceh tentang seruan melestarikan budaya Aceh sehingga tidak tergerus oleh zaman. Gerakan ini merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh yang diluncurkan pada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke 63 Tahun 2022 oleh pj. Walikota Banda Aceh. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kembali budaya Aceh pada peserta didik di sekolah agar mereka tidak merasa asing dengan adat budaya Aceh sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan launching SEDATI Aceh ini diawali dengan penampilan tari Ranub Lampuan oleh Sanggar Jeumpa Kuneng SMP Negeri 19 Banda Aceh.

Launching SEDATI Aceh dilaksanakan secara seremonial yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah Ibu Sukmawati, S.Pd, M.Pd. Acara diikuti oleh seluruh peserta didik, dewan guru dan pegawai SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pengawas pembina sekolah Bapak Amiruddin, S.Pd, M.Pd, pengurus komite sekolah dan rekanan.

Acara launching ini semakin syahdu dengan adanya lantunan ayat suci Al-Quran dan pembacaan shalawat badar oleh Naifah Firasa dan Ustadz Maimun, S.Pd.I.

Launching gerakan SEDATI Aceh dibuka secara resmi oleh kepala sekolah ditandai dengan “Peh Rapai”.

Kemudian dilanjutkan dengan penyematan bros pinto Aceh secara simbolik kepada peserta didik putri yang diwakili oleh ketua OSIS, Kayla Aqila Zahra dan pemakaian kupiah Aceh kepada peserta didik putra, Teuku Fatih Ahmad Hasan.

Setelah kegiatan, para tamu undangan berkenan mengunjungi stan-stan yang menyediakan peunajoh khas Aceh. Stan ini terdiri dari stan peserta didik, kantin sekolah, dewan guru dan stan khusus yang disiapkan sekolah untuk para tamu undangan dan dewan guru serta karyawan (khauri peunajoh Aceh). Para peserta didik sangat antusias mempersiapkan semuanya, tentu saja dengan arahan para guru dan bantuan para orang tua.

Selain itu peserta didik juga turut menampilkan tari ratoh jaroe, tari saman, solo biola dan grup band yang menyanyikan lagu ‘keuneubah indatu’ dan beberapa lagu Aceh lainnya.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Bapak Sulaiman Bakri, S.Pd, M.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan SMP, Ibu Evi Susanti, S.Pd, M.Si, turut hadir pada acara ini. Beliau dan para tamu beserta seluruh keluarga besar SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh ikut serta menyanyikan lagu Bungong Jeumpa bersama tim paduan suara diiringi dengan kolaborasi rapai dan keyboard oleh guru seni budaya, Rangga Prakasa Dinara, S.Pd. Kemudian dilanjutkan yel-yel SEDATI Aceh dengan semangat.

GERAKAN SEDATI ACEH.. SEHARI BERBUDAYA PASTI ACEH !!!
KOTA BANDA ACEH… ATA GEUTANYO !!!

Selanjutnya Kepala Sekolah juga memimpin yel-yel sekolahnya.
GERAKAN SEDATI ACEH.. SEHARI BERBUDAYA PASTI ACEH !!!
SMP SIKUREUNG BLAH… BEREH! BEREH! BEREH!