Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

45 Mahasiswa PBI UAD Siap Ikuti Magang Industri Penerjemahan

45 Mahasiswa PBI UAD Siap Ikuti Magang Industri Penerjemahan

Pelepasan Mahasiswa PBI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikuti magang industri penerjemahan (Foto: PBI UAD)

Sebanyak 45 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersiap mengikuti program Magang Industri Penerjemahan. Mereka mengikuti kegiatan pelepasan oleh prodi yang digelar pada Rabu, 21-09-2022 bertempat di Aula Masjid Islamic Center UAD.

Prosesi pelepasan dilakukan secara langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD Dr. Dody Hartanto, M.Pd. kepada mitra agensi penerjemahan. PBI UAD sendiri bekerja sama dengan tiga agensi penerjemahan ternama di Yogyakarta, yaitu PT Solusi Bahasa Internasional (Translexi), PT PeMad International Transearch, dan PT Star Software Indonesia. Masing-masing perwakilan dari tiap agensi hadir dalam kegiatan ini.

Ketua Program Studi (Kaprodi) PBI UAD Dr. Ani Susanti, M.Pd.B.I. dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa telah dibekali secara teori oleh kampus sebelum penerjunan. “Mereka mendapatkan soft skill training, pelatihan bahasa Indonesia untuk penerjemahan, pelatihan CAT Tools, serta pembekalan teknis. Hal tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa selama periode magang,” terang Ani.

Kegiatan magang industri ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka dan bagian dari rangkaian kegiatan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Melalui program tersebut, mahasiswa bisa belajar di luar kampus dan memperoleh pengalaman empiris langsung dari praktisi penerjemah.

Selain mendapat bimbingan dari agensi, mahasiswa peserta magang juga akan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang sekaligus menjembatani koordinasi antara kampus dan agensi. DPL yang akan mendampingi adalah Astry Fajria, S.S., M.Pd.B.I., Arilia Triyoga, S.S., M.Pd.B.I., dan Ratri Nur Hidayati, M.Pd.B.I.

Melalui magang penerjemahan ini, diharapkan mampu menyiapkan mahasiswa PBI UAD menjadi calon penerjemah yang andal. Seperti yang disampaikan oleh Dody, bahwa untuk menguasai dunia, maka kuasailah bahasa Inggris dan matematika. Semoga mahasiswa dapat mengikuti program ini secara maksimal. (tsa)

uad.ac.id