Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Workshop Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, Wujudkan Tata Kelola Bersih, Efektif, dan Terpercaya di UNJA

Workshop Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, Wujudkan Tata Kelola Bersih, Efektif, dan Terpercaya di UNJA

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan ‘Workshop Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas’ dalam rangka penyamaan persepsi antara tim Reformasi Birokrasi (RB) UNJA dengan tim Zona Integritas (ZI) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kegiatan berlangsung di Gedung Mahligai 9 Bank Jambi, Jum’at (23/09/2022).

Workshop tersebut dihadiri oleh 58 peserta yang berasal dari beberapa fakultas, lembaga, unit, tim RB dan tim ZI, serta panitia workshop. Workshop RB dan ZI UNJA sendiri diadakan sesuai arahan Presiden RI mengenai Reformasi Birokrasi, yaitu kecepatan melayani dan memberi izin, menghapus pola pikir linier, monoton, dan terjebak di zona nyaman, serta adaptif, produktif, dan kompetitif.

Kegiatan workshop dibuka oleh Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., PhD., beliau menjelaskan beberapa hal terkait tujuan dilaksanakannya workshop tersebut.

“Kita akan mencoba untuk mengisi pengetahuan kita dan menyamakan persepsi kita terhadap langkah-langkah reformasi birokrasi di UNJA. Ada 3 hal yang sedang kita tingkatkan, SDM, sarana prasarana, dan tata kelola baik itu adminsitrasi, keuangan, dan akademik. Kita sedang dan akan mendata kebutuhan-kebutuhan dan formasi-formasi yang ada dari 3 hal tersebut,” ujar Ir. Yusrizal.

“Akreditasi nasional dan internasional juga akan kita penuhi dari target IKU. Dalam administrasi, kita akan standarkan semuanya menjadi ISO. Jika sudah ISO nantinya, pelayanan akan menjadi seragam dan tidak didasarkan pada kebijakan pimpinan. Keuangan kita sangat mengefisienkan anggaran agar terhindar dari segala masalah ketika audit. Reformasi birokrasi ini akan mencakup level universitas, sedangkan zona integritas berada di ranah fakultas. Kita akan menyamakan persepsi dari FKIP, FH, dan FEB. Semoga akan ada wujud yang lebih baik ke depannya,” jelas beliau.

UNJA menghadirkan Mohammad Ali Akbar, S.E., M.B.A. dan Alexsander Ari Ade Saputro, S.Tr. dari Tim Reformasi Birokrasi Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud sebagai narasumber dengan Kepala BUPK UNJA, Dr. Retno Kusniati, S.H., M.Hum., sebagai moderator workshop.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS