Rabu, 05 Oktober 2022
Sekolah Menengah Pertama

ANBK 2022 – Alhamdulillah berjalan lancar

ANBK 2022 – Alhamdulillah berjalan lancar

Curug, 19 September 2022. SMP Negeri 1 Curug mengikuti ANBK secara daring dan berjalan lancar. Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Lalu apa saja yang di nilai?.
Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi
  • Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  • Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Pelaksanaan asesmen dilaksanakan berbasis komputer yang diistilahkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pelaksanaan ANBK ini menggunakan metode survey sehingga tidak semua peserta didik mengikuti ANBK, hanya sekita 45 orang peserta didik yang dipilih secara acak oleh Kementerian. Ada dua moda pelaksanaan ANBK, yakni daring dan semi daring. Dari sisi pengertian, moda daring  yakni perangkat elektronik sebagai client yang terhubung ke jaringan internet dan terhubung kepada perangkat server. Sedangkan moda semi daring adalah pertengahan antara daring dan luring, dimana masih terhubung ke jaringan akan tetapi tidak terhubung ke jaringan internet.

Dalam pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 1 Curug berjalan dengan lancar tanpa kendala. Hanya ada beberapa siswa yang harus mengikuti susulan dikarenakan kondisi kesehatannya. (HJ)

(Sumber : https://anbk.kemdikbud.go.id/)

Foto saat simulasi ANBK