Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Matangkan Pola Pengelolaan Keuangan BLU, ULM Studi Banding ke RS Bhayangkara Banjamasin

Matangkan Pola Pengelolaan Keuangan BLU, ULM Studi Banding ke RS Bhayangkara Banjamasin

Bagian Keuangan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan benchmarking atau studi banding ke Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Banjarmasin  pada Kamis (22/9/2022). Studi Banding dilakukan untuk mempelajari pelaksanaan pola pengelolaan keuangan BLU khususnya terkait pengesahan pendapatan dan belanja serta pelaporan keuangan BLU pada aplikasi SAKTI. Tim ULM yang dipimpin Kepala Biro Umum dan Keuangan Akhmad Iskandar, S.Pd, M.Pd diterima oleh Wakil Kepala Rumah Sakit (Wakarumkit) Drg. Kristina Dewi beserta jajaran.

Dalam sambutannya Drg. Kristina Dewi menyebutkan bahwa tidak mudah menjadi satker BLU karena ada proses dan ujian yang harus dilewati terlebih dahulu. Beliau menjelaskan bahwa RS Bhayangkara merupakan satker BLU ke-8 dari seluruh Rumah Sakit Bhayangkara diseluruh Indonesia dan yang pertama di pulau Kalimantan. Drg. Kristina Dewi juga menilai dengan perubahan status menjadi satker BLU berbagai pelayanan menjadi lebih teratur, terstruktur dan sistematis kepada masyarakat.

Universitas Lambung Mangkurat resmi menyandang status BLU sejak dikeluarkannya SK Menteri Keuangan Nomor 82/KMK.05/2022 pada bulan Maret 2022. Sejak saat itu ULM mulai mempersiapkan dan mengambil langkah-langkah terkait pengelolaan ULM terutama tata kelola keuangan. Hal ini dikarenakan dengan status BLU ULM dapat lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangan dibandingkan pada saat berstatus Satker atau Satuan Kerja.

Pemilihan RS Bhayangkara Banjarmasin sebagai mitra studi banding dikarenakan RS Bhayangkara Banjarmasin sendiri telah ditetapkan sebagai BLU sejak tahun 2014 dan kini telah berstatus BLU penuh. Melalui diskusi studi banding dengan RS Bhayangkara Banjarmasin, ULM berharap dapat belajar dan mengatasi kendala dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan BLU.