Jumat, 30 September 2022
Sekolah Menengah Kejuruan

PT. JIAEC Lakukan Rekrutmen Pemagangan Ke Jepang di SMK 1 Perguruan “Cikini”

Peserta rekrutmen pemagangan ke Jepang sedang berkumpul mendengarkan sambutan pihak PT. JIAEC di Aula Technopark SMK 1 Pergruan “Cikini” (22/09/2022)

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – PT. Japan Indonesian Economic Center (PT. JIAEC) melaksanakan rekrutmen pemagangan ke Jepang di SMK 1 Perguruan “Cikini”. Acara yang digelar pada hari Kamis, 22  September 2022 ini diikuti oleh para alumni lulusan tahun 2021 dan 2022 yang bertempat di Aula Technopark SMK 1 Perguruan”Cikini”.

Edi Susanto selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubinmas mengatakan pendaftar ada 37 orang, akan tetapi yang hadir dihari rekrutmen hanya 28 orang dan pada akhirnya yang lolos pada tahap wawancara ada 11 orang.

“SMK 1 Perguruan “Cikini” sebagai salah satu sekolah mitra PT. JIAEC untuk penyaluran magang ke Jepang, kami berharap agar SMK 1 Perguruan “Cikini” terus meningkatkan kualitas peserta rekrutmen dengan cara menyiapkan siswa dengan sebaik-baiknya”, ujar Ilham, salah satu tim rekrutmen dari PT. JIAEC.

Lebih lanjut Ilham mengatakan tahap-tahap rekrutmen yang harus dilalui peserta adalah tahap sosialisasi, psikotest, tes fisik, dan wawancara, jika lolos maka akan berlanjut ke tahap Medical Check Up (MCU) dan pendidikan dasar yang dilaksanakan di Training Center Yogyakarta dan Depok, Jawa Barat.

Rekrutmen tahun ini hanya diikuti oleh para alumni bukan siswa kelas XII seperti biasanya, alasannya adalah pihak negara Jepang sedang membutuhkan tenaga magang secara cepat yang dikarenakan dua tahun terakhir program ini sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Akan tetapi kedepan proses rekrutmen tetap akan diikuti oleh siswa kelas XII menjelang kelulusan.

Edi Susanto berharap para siswa yang mengikuti program rekrutmen pemagangan ini dapat lolos dan berangkat ke Jepang, dan kami akan terus berupaya memberikan pembekalan kepada para siswa dalam menghadapi tes maupun proses lainnya.

Penulis : Asghor