Selasa, 27 September 2022
Perguruan Tinggi

Sosialisasi JKN-KIS dan Registrasi Aplikasi JKN Mobile

<strong>Sosialisasi JKN-KIS dan Registrasi Aplikasi JKN Mobile</strong><strong></strong>

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Bengkulu menggelar sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan Registrasi Aplikasi JKN Mobile bagi dosen, karyawan dan mahasiswa UNIB, di aula Gedung Layanan Terpadu (GLT) UNIB, Kamis (22/9/2022).

Suasana acara pembukaan Sosialisasi Program JKN-KIS di ruang pertemuan GLT UNIB. (foto:hms1)

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, luring dan daring, diikuti para ketua dan pengurus Ormawa (Organisasi Mahasiswa) tingkat universitas dan fakultas, serta ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas selingkung UNIB. Juga disiarkan secara live streaming via channel YouTube Universitas Bengkulu.

Tampak hadir Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc yang membuka secara resmi kegiatan sosialisasi. Juga hadir Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Prof. Dr. Irfan Gustian, S.Si, M.Si, Kepala Biro USD Ir. Akhmad Nezar, Kepala Biro PPK Ir. Titin Rahmawati, MM, serta para Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dari delapan fakultas selingkung UNIB.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri membuka acara sosialisasi. (foto:hms1)

“Kegiatan ini bagian dari implementasi Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Jaminan Kesehatan Nasional dan Surat Edaran Mendikbud Ristek No. 5 Tahun 2022 Tentang Peningkatan Kepatuhan dan Kepesertaan Program Jaminan Sosial Kesehatan pada Satuan Pendidikan Formal dan Nonformal. Juga tindak lanjut kerjasama BPJS dan UNIB tentang pemanfaatan Fasilitas Kesehatan Klinik Prtama UNIB yang telah didirikan dan diresmikan beberapa waktu lalu,” ujar Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri.

Rektor berharap seluruh mahasiswa yang hadir baik daring maupun luring dapat mengikuti kegiatan ini secara seksama sehingga mampu memahami makna dan pentingnya Program JKN-KIS serta mampu memanfaatkan Aplikasi JKN Mobile yang dikembangkan BPJS. “Mahasiswa yang hadir diharapkan dapat menyebarkan informasi kepada mahasiswa yang tidak hadir juga kepada masyarakat secara umum, sehingga kesadaran keikutsertaan JKN-KIS dapat meningkat yang pada akhirnya program ini mampu memberikan jaminan kesehatan dan menghadirkan kebahagiaan kepada mahasiswa dan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Cabang BPJS Bengkulu dr. Adian memberikan apresiasi pada Klinik Pratama UNIB. (foto:hms1)

Sebelumnya, Kepala BPJS Cabang Bengkulu dr. Adian Fitria, AAAK, mengucapkan terimakasih kepada pimpinan UNIB beserta jajaran yang telah memfasilitasi kegiatan sosialsiasi Program JKN-KIS ini. Pihak BPJS kata dr. Adian, juga sangat mengapresiasi pendirian dan pemanfaatan Klinik Prtama UNIB yang telah menjadi salah satu Fasilitas Kesehatan di lingkungan kampus yang bekerjasama dengan BPJS.

“Terhitung 1 September 2022 BPJS telah bekerjasama dengan Klinik Pratama UNIB untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi mahasiswa dan masyarakat yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Kita harapkan kerjasama ini berjalan baik dan Klinik Pratama UNIB mampu memberikan pelayanan kesehatan secara optimal. Jadi, bagi adik-adik mahasiswa yang membutuhkan layanan kesehatan, tidak perlu datang jauh-jauh ke rumah sakit atau Puskesmas, sebab sudah ada Klinik Pratama UNIB di lingkungan kampus yang akan memberikan layanan kesehatan,” ujarnya.

Pemaparan materi sosialisasi oleh pihak BPJS Rico Anggara tentang JKN-KIS dan JKN-Mobile. (foto:hms1)

Sebagai agent of change, para mahasiswa juga diharapkan mampu memberikan informasi tentang Program JKN-KIS kepada masyarakat luas sehingga kesadaran masyarakat terhadap kepesertaan aktif JKN-KIS dapat maksimal dan misi Indonesia Sehat dapat terlaksana dengan baik. Demikian dr. Adian menjelaskan.

Pada sesi sosialisasi, selain menjelaskan pentingnya Program JKN-KIS, pihak BPJS yang diwakili Rico Anggara, juga menjelaskan manfaat dan keunggulan penggunaan Aplikasi JKN-Mobile serta menjelaskan tata cara registrasi pada aplikasi tersebut. Bagaimana penjelasan lengkapnya ? Dapat disaksikan pada video live streaming di channel YouTube Universitas Bengkulu.[Penulis : Purna Herawan/Humas].