Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2021/2022 Unimed Ikuti Pendidikan Bela Negara

Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2021/2022 Unimed Ikuti Pendidikan Bela Negara

Sebanyak 49 orang mengikuti Pendidikan Bela Negara PPG Prajabatan Tahun 2021/2022 di Universitas Negeri Medan selama 3 hari, 23 – 25 September 2022. Pendidikan Bela Negara tersebut dibina oleh Kodam Bukit Barisan I. Mereka akan dilatih Peraturan Baris Berbaris, Survival Dasar, Wawasan Kebangsaan, Mencegah Paham Radikalisme (Terorisme), Sistem Pertahanan Semesta, Kepemimpinan dan General Education.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Unimed, Dr. Restu, MS. Dalam sambutannya, Restu mengucapkan selamat belajar kepada para peserta PPG Prajabatan yang mengikuti Bela Negara. Kami berharap agar para peserta mengikuti pelatihan bela negera dengan sungguh-sungguh. Jadikan momentum pendidikan bela negara ini untuk merevitalisasi semangat kebersamaan, mempunyai disiplin yang tinggi, loyalitas terhadap pekerjaan, bertanggung jawab dengan apa yang kita kerjakan, dan memupuk jiwa patriotisme yang tinggi, dan yang tidak kalah pentingnya melalui sistem pendidikan nasional yang baik perlu diteguhkan kembali komitmen kepada seluruh peserta pembekalan bela negara untuk selalu mempertahankan empat pilar yang menjadi konsensus dasar bangsa indonesia dalam berbangsa dan bernegara yakni: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Walaupun pendidikan bela negara ini terlalu singkat, namun manfaatkan dan ikuti kegiatan ini sebaik mungkin dan dengan kesungguhan hati. Semoga hasil pendidikan bela Negara ini dapat diaplikasikan dan para peserta bisa mengintegrasikannya pada seluruh mata pelajaran di sekolah. Karena bentuk bela negara seorang guru adalah membangun peradaban negeri dan karakter bangsa mulai dari sekolah.

Perwakilan Kodam Bukit Barisan I, Mayor CZI Manat Sianturi mengatakan peserta yang mengikuti Pendidikan Bela Negara sebanyak 49 orang yang berasal dari prodi Matematika dan PGSD. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini, merupakan kegiatan yang singkat dan dilaksanakan di Universitas Negeri Medan. Semoga dapat memberikan dampak positif bagi peserta dalam kehidupannya sehari-hari maupun menjadi guru khususnya kedisiplinan dan cinta tanah air. Terima kasih kepada Unimed dan pengelola PPG yang telah mempercayakan kami untuk melatih para peserta untuk pendidikan Bela Negara. (Humas Unimed/eo)