Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Persiapkan UTBK 2023, Untirta Lakukan Evaluasi

Persiapkan UTBK 2023, Untirta Lakukan Evaluasi

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan evaluasi penyelenggaraan UTBK SBMPTN tahun 2022 bertempat di Mambruk Hotel. Kegiatan diikuti oleh seluruh panitia PMB Untirta. (23-24/9/22)

Wakil Rektor I bidang akademik menyampaikan bahwa UTBK tahun 2022 berjalan dengan lancar. “Ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mensukseskan kegiatan UTBK”, ujarnya. Ia mengatakan bahwa tahun ini relatif lebih lancar daripada tahun sebelumnya. “Tentunya ini pengorbanan yang telah diberikan kepada Untirta”, imbuhnya. Seluruh tahapan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 telah dilaksanakan dengan baik dari sosialisasi dan promosi sampai dengan proses registrasi mahasiswa baru. “Proyeksi tahun depan, sampai saat ini belum ada juklak juknis terkait dengan pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru tahun 2023. Ada evaluasi yang dilakukan oleh kementerian sehingga sekarang tidak berbasis mata kuliah, kalau sekarang lebih kepada kemampuan skolastik”, paparnya. Diharapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan skolastik yang tinggi dianggap lebih unggul dibandingkan penilaian dari mata pelajaran. “Kita tunggu pedoman sospro dari pusat untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023”, pungkasnya. Sebagai pengganti LTMPT yaitu Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3). Ia juga mengungkapkan kemungkinan akan ada sedikit perubahan pola penerimaan mahasiswa baru.

Wakil Rektor 2 Untirta H. Kurnia Nugraha, ST., MT menyampaikan bahwa Untirta semakin lama semakin baik. “Seluruh kita ingen memberikan kontribusi kepada Untirta”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa target peningkatan sarana dan prasarana terus dilakukan walaupun memang semuanya berporses. “Materi sosialisasi dan promosi dengan perubahan ini harus dapat segera disosialisasikan setelah menerima materi dari pusat”, ujarnya. Ia juga mengemukakan bahwa Kementerian memacu kita untuk maju atau ditinggal. “Kedepan kita harus lebih baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku”, pesannya.

Kepala BAKP Tb. Bahtera Rohimudin, M.Si menyampaikan mudah-mudahan perubahan tahun 2023 ini hanya ganti baju saja. Selain itu masalah materi sospro sangat dinanti oleh masyarakat luas, oleh karena itu diharapkan segera di sosialisasi setelah menerima materi dari pusat.

Kepala BUKK Deden Herry Hermawan, MM menyampaikan dari evaluasi ini kita mengetahui kekurangan dan kelemahannya dimana, jadi untuk perbaikan pada penyelenggaraan selanjutnya. “Saya melihat hasil UTBK itu lebih transparan, sehingga menghasilkan mahasiswa baru yang berkualitas” ujarnya. Kami juga terus meningkatkan sarana dan prasarana perkuliahan dengan skema pembelajaran hybrid di era saat ini.

Koordinator Pelaksana UTBK Dr. Ing Iman Santoso menyampaikan bahwa kebijakan perubahan LTMPT sudah ramai dibicarakan karena ini sangat fundamental terkait penerapan mahasiswa baru.

Koordinator Informasi dan Humas menyampaikan bahwa sosialiasi promosi PMB biasanya di bulan November/Desember, setelah itu baru disosialisasikan dengan masyarakat luas. Selanjutnya ia menyampaikan bahwa seluruh panitia diharapkan saling share pekerjaan agar dapat saling membantu untuk meringankan beban pekerjaan.

Ketua SPI Rudi Zulfikar menyampaikan apapun modelnya kita tidak usah khawatir karena SDM kita sudah terbiasa dan belajar dari pengalaman. “Pada proses pembuatan laporan sudah dalam satu titik sehingga memberikan kemudahan untuk akuntabilitas”, pungkasnya.

Perwakilan Wakil Dekan 1 Dr. Indra Suhendra, M.Si menyampaikan bahwa evaluasi yang lalu diharapkan Untirta menambah unit komputer agar lebih memudahkan dari berbagai aspek. “Kami berharap pengembangan sarana dan prasarana harus disesuaikan juga dengan ruang dosen disesuaikan dengan jumlah ruang yang dimiliki”, ujarnya.

Bagian keuangan Roudohtul Janah menyampaikan bahwa dimohon kepada seluruh koordinator untuk mempersiapkan perencanaan kebutuhan PMB 2023, agar nanti dapat terselenggara dengan baik sesuai rencana.