Rabu, 05 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Jadi Lulusan yang Banyak Dicari, Apa Keunggulan Kuliah Teknik Informatika?

Apa itu Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah merupakan yang banyak mengulas beragam teknologi komputer, mulai dari prinsip-prinsip ilmu komputer, analisis matematis, evaluasi sistem operasi, hingga pengembangan dan perancangan software (peranti lunak). Jurusan Teknik Informatika membutuhkan keterampilan logika yang kuat dalam pengolahan data komputer. Berbeda dengan Jurusan Teknik Komputer yang berfokus pada pengembangan hardware (peranti keras), Teknik Informatika berfokus pada teknologi jaringan komputer, software, dan programming.

 

Mengapa Lulusan Jurusan Teknik Informatika Banyak Dicari?

Pada era yang serba digital saat ini tentunya kemampuan di bidang teknologi dan digital sangat dibutuhkan. Beragam profesi di bidang analisis data, teknologi komputer, sistem, dan pengembangannya dinilai akan memiliki peluang karier yang menjanjikan. Selain itu adanya peralihan dari sistem traditional marketing menjadi digital marketing juga turut meningkatkan kebutuhan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang ini; di antaranya untuk berkarier sebagai web developer, teknisi aplikasi (Application Engineer), data scientist, dan lainnya.

Lebih lanjut lagi, adanya fenomena game online yang sangat digemari generasi millennial dan Z juga telah menjadikan peluang bisnis di bidang ini semakin terbuka lebar. Beragam perusahaan pengembang berlomba untuk menghadirkan game online yang berkualitas dan menarik target pasar. Hal ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa pada tahun 2020, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 memutuskan bahwa game online dengan kategori esports dapat turut serta meramaikan kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional. Dengan demikian, profesi seperti game creator, game programmer, dan game developer semakin dibutuhkan. Profesi-profesi tersebut juga dapat dipenuhi oleh kemampuan para lulusan dari jurusan Teknik Informatika.

 

UPH Pastikan Lulusan Siap Penuhi Kebutuhan Industri

Melihat kebutuhan di era digital tersebut, Program Studi Teknik Informatika UPH menawarkan kurikulum yang komprehensif dan relevan dengan industri, melalui bidang utama yaitu pemrograman, basis data, dan pengembangan peranti lunak. Adapun mata kuliah konsentrasi atau bidang peminatan yang ditawarkan sangat relevan dengan kebutuhan industri digital saat ini. Empat konsentrasi yang ditawarkan Program Informatika UPH adalah Pengembangan Game (Game Development), Informatika Medis (Medical Informatics), Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering), dan Ilmu Data Komputasi (Computational Engineering).

 

Pengembangan Game (Game Development)

Konsentrasi ini akan memperlengkapi mahasiswa dengan logika dan keterampilan pemrograman game yang baik, serta kemampuan desain game yang memadai. Mahasiswa juga akan didorong untuk menggabungkan tiga kompetensi utama yaitu rekayasa perangkat lunak (software engineering), kecerdasan komputasi (computational intelligence), dan desain user interface (user interface design).

baca juga: Kuliah Game Developer di Prodi Teknik Informatika UPH

 

Informatika Medis (Medical Informatics)

Informatika medis adalah studi interdisipliner, yakni penemuan, implementasi, dan teknologi untuk meningkatkan komunikasi, analisis, pengetahuan, dan pengelolaan informasi medis. Tujuan dari konsentrasi ini adalah integrasi data, pengetahuan, dan teknologi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan medis yang efektif, efisien, dan akurat.

 

Kecerdasan Komputasi (Computational Intelligence)

Dalam konsentrasi ini, mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik canggih rekayasa perangkat lunak untuk memberikan solusi terkait bidang Internet of Things (IoT), komputasi, dan pemrosesan informasi. Mahasiswa juga akan dibekali dengan pengetahuan terkait kemajuan bahasa pemrograman, khusus rekayasa perangkat lunak, pengelolaan data besar (big data), teknologi cloud, menciptakan aplikasi web, dan lain-lain.

 

Ilmu Data Komputasi (Computational Engineering)

Konsentrasi ini akan membekali mahasiswa dengan keterampilan pemrograman, statistik komputasi, pemrosesan data skala besar, penambangan data (data mining), visualisasi data, analisis data, dan pembelajaran mesin. Seluruh kompetensi ini hadir untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menghadapi tantangan terkait data besar (big data). Keterampilan dan pengetahuan dasar ini akan mendorong mahasiswa untuk mampu menciptakan solusi dan panduan pengambilan keputusan berdasarkan teknik mengolah data.

 

Kuasai kemampuan kunci di Teknik Informatika

Lulusan Teknik Informatika UPH akan siap dan mampu memulai karier sebagai konsultan, analis, dan pengembang di beragam industri seperti industri kesehatan, game, teknologi, lembaga pendidikan, dan lainnya.

Untuk mencapai karier impian, Teknik Informartika UPH mendorong mahasiswa untuk menguasai beberapa kemampuan kunci yang bisa dikuasai oleh para lulusan, antara lain:

  • Algoritma & Pemrograman (Algorithm & Programming)
  • Pemrograman Java (Java Programming)
  • Sistem Basis Data (Database Systems)
  • Pemrograman Berorientasi Objek (Object-Oriented Programming)
  • Pemodelan Berorientasi Objek (Object-Oriented Modeling)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
  • Interaksi Manusia-Komputer (Human-Computer Interaction)
  • Arsitektur Perangkat Lunak (Software Architecture)
  • Komputasi Pararel (Pararel Computing)
  • Komputasi Awan (Cloud Computing)
  • Perangkat Lunak Basis Data Perusahaan (Enterprise Database Software)
  • Ilmu Data (Data Science)
  • Grafik Komputer (Computer Graphics)
  • Pengolahan Citra (Image Processing)
  • Kecerdasan Komputasi (Computational Intelligence)
  • Teknologi Perbatasan (Frontier Technology)
  • Keamanan Jaringan & Komputer (Network & Computer Security)
  • Pemrograman Seluler (Mobile Programming)
  • Sistem Informasi Rumah Sakit (Hospital Information System)
  • Sistem Media Interaktif (Interactive Media Systems)
  • Desain Game, Penulisan, dan Pembuatan Skrip (Game Design, Authoring, and Scripting)
  • Pengembangan Aplikasi Berbasis Web (Web-based Application Development)

 

Selain kurikulum pendidikan unggul, Teknik Informatika UPH juga didukung oleh para tenaga pengajar kompeten dan fasilitas lengkap yang mendukung proses belajar menjadi lebih efektif. UPH berkomitmen mendorong mahasiswa dalam mengasah keterampilan dan mencapai prestasi terbaik selama di UPH hingga menjadi lulusan yang siap berkarya bagi kemajuan bangsa. Informasi lebih lengkap tentang program studi, bisa klik di sini.

lihat juga: Program Studi Magister Informatika

 

Bagi siswa-siswi kelas 12 yang memiliki impian untuk berkarier di bidang teknologi informatika, UPH adalah pilihan tepat untuk membekali dirimu menjadi lulusan berkualitas. Manfaatkan program beasiswa ataupun potongan biaya uang pangkal. Mari bergabung bersama UPH untuk menjadi ‘The Next Great Achiever’. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Student Consultants UPH di 0811-1709-901 atau dapat langsung mendaftar di sini.