Selasa, 27 September 2022
Sekolah Menengah Atas

Perpustakaan SMA Laboratorium Unsyiah Mengadakan Lomba Literasi

Perpustakaan SMA Laboratorium Unsyiah Mengadakan Lomba Literasi

Kegiatan lomba literasi perwujudan program kerja perpustakaan SMA Laboratorium Unsyiah digelar Sabtu, 24 September 2022. Pak Fadli, S.IP bertanggung jawab sebagai ketua panitia pelaksana bersama tim telah mempersiapkan agenda kegaiatan dan teknis acara dengan sangat matang, dibantu PKL UIN-Arini dan dukungan Yayasan Sekolah Syiah Kuala. Lomba dengan tema Menumbuhkan Literasi Siswa Labschool Unsyiah untuk menuju Generasi yang Unggul dapat terealisasi.

Panggung sengaja disiapkan dapat menghadirkan suasana meriah, sehingga semua warga sekolah dapat terlibat dalam kegiatan. Bahkan wali murid yang sedang hadir mengambil rapor UTS 2022 dapat ikut melihat acara. Stand PKW juga digelar menambah variasi tampilan karya siswa, dukungan wali murid dalam membeli karya siswa membuat siswa sangat bangga.

Acara dihadiri seluruh warga sekolah dibuka langsung oleh kepala sekolah Dr. Nasir Usman, M.Pd., beliau menyampaikan bahwasanya dunia global saat ini menuntut siswa memiliki kemampuan analisis tinggi berbagai peristiwa. Ujian penerimaan masuk perguruan tinggi menginginkan siswa memiliki kemampuan analisis yang tinggi dalam bentuk literasi dan numerik. Pola tes dirubah tidak lagi menekankan kemampuan kompetisi akademik namun dengan TPS yang tidak lepas dari literasi knowledge dan literasi bahasa Inggris. “Kegiatan lomba yang diadakan perpustakaan mencoba menjawab tantangan global dalam menumbuhkan minat baca, tentu ini sangat kami dukung” imbuh kepsek, beliau juga menyampaikan kegiatan tidak hanya literasi perpustakaan namun menggiatan kembali iterasi pojok kelas, budaya membaca yang selama ini sudah diterapkan di SMA Laboratorium Unsyiah dapat ditingkatkan lagi sehingga siswa terbiasa hidup membaca, menulis, dan berhitung.

Acara yang diperlombakan diantaranya :

  1. Baca cepat
  2. Cerdas cermat
  3. Baca, tulis dan Hitung ( Calistung)
  4. Musukalisasi puisi
  5. Vokal solo

Segala upaya dalam menumbuhkan budaya posistif tentu saja akan membuahkan hasil yang baik, semoga Allah SWT dapat meridhoi usaha sekolah.Amin.

.