Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Tabur Bunga, UNJA Berduka, Rektor Buat FGD Cari Solusi

Mahasiswa Tabur Bunga, UNJA Berduka, Rektor Buat FGD Cari Solusi

MENDALO,- Hari ini, mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) yang terhimpun pada tangkai Mahasiswa Merah melakukan aksi solidaritas dan kepedulian untuk para korban yang meninggal tragis akibat kecelakaan lalu lintas disepanjang jalan area pendidikan mulai dari jalan Sungai Duren UIN Sultan Thaha Syarifuddin, UNJA Mendalo,hingga Simpang Rimbo, pada kamis (22/9/2022)

Aksi solidaritas yang berlangsung damai ini, dilaksanakan pada sore hari pukul 16.00 WIB hingga hampir Magrib di depan Gerbang UNJA Mendalo, para mahasiswa yang hadir, kompak mengenakan seragam berwarna hitam sebagai bentuk dari kepedulian dan bela sungkawa terhadap para korban yang meninggal. Selain melakukan orasi yang menuntut keadilan dan kenyamanan bagi pengendara sepeda motor khususnya mahasiswa, aksi ini juga menyuarakan agar pemerintah bisa memberikan solusi terbaik tentang keadaan ini. Diakhir aksi, mahasiswa merah dan para mahasiswa UNJA yang juga turut hadir melakukan penaburan bunga sebagai wujud empati yang sedalam-dalamnya.

Salah satu mahasiswi yang hadir dalam aksi solidaritas, Eris Ernaningsih mengungkapkan bahwa kegiatan aksi yang dilakukan merupakan sebuah bentuk solidaritasnya untuk para korban kecelakan tragis yang terjadi.

“Ini merupakan bentuk solidaritas kami untuk menumpahkan rasa kepedulian sedalam-dalamnya pada almarhum dan almarhumah yang meninggal tragis dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi ini,” ungkap Eris.

Selain itu Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc,Ph.D., menyatakan prihatin atas kecelakaan yang terjadi yang banyak merenggut banyak nyawa di sepanjang jalan menuju kampus.

“Kami turut berdukacita yang sedalam-dalamnya terhadap korban dan keluarga yang ditinggalkan, kami juga akan berkoordinasi serta melakukan FGD dengan Forkompinda, Balai besar Jalan Nasional Jambi, anggota DPR Dapil Jambi, dan pihak terkait lainnya untuk mencari solusi,” jelas Rektor.

Selain itu Rektor juga mengatakan akan bekerjasama dengan Ditlantas Polda Jambi untuk mengimbau masyarakat untuk lebih tertib berlalulintas dan memasang banyak rambu dan spanduk himbauan.

“Kita juga nanti akan mengusulkan untuk pelebaran jalan dan dibuat jalur khusus motor ( seperti di ringroad Jogjakarta) atau ada jalur alternatif menuju kampus, hasil dari FGD tersebut akan diteruskan ke balai besar jalan Nasional di Jakarta dan juga pihak terkait,” tutup Rektor.

Silvia Yuliansari/Ilham Rifiansyah/HUMAS