Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

PSPPI FT Unila Kukuhkan 113 Insinyur Kerja Sama PII Lampung

PSPPI FT Unila Kukuhkan 113 Insinyur Kerja Sama PII Lampung

(Unila): Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) mengukuhkan 113 insinyur yang berlangsung di Swiss-Belhotel Lampung, Minggu, 25 September 2022.

Pelantikan dan pengukuhan insinyur disimbolkan dengan pengalungan medali dan pemakaian safety helmet bagi para insinyur baru yang wajib berpegang teguh pada kode etik insinyur.

Ketua Program Studi PSPPI FT Unila Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., I.P.M., ASEAN, Eng, mengutarakan, jumlah mahasiswa yang diwisuda pada periode September 2022 sebanyak 235 mahasiswa dari 238 mahasiswa PSPPI yang terdaftar pada semester genap 2021/2022.

Mereka terdiri atas kelas reguler kerja sama PII Wilayah Lampung dan kerja sama PII cabang Banyuasin. Jumlah Alumni PSPPI Unila sejak tahun 2018 sampai saat ini sebanyak 728 mahasiswa.

Pengukuhan hari ini merupakan pengukuhan kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2022 dengan jumlah 122 mahasiswa dan merupakan mahasiswa kelas reguler kerja sama PII Cabang Banyuasin, kelas Palembang, dan OKU Timur.

Pada kelas reguler, terdapat beberapa dosen FT Unila yang dikukuhkan menjadi insinyur yaitu Dr. Eng. Ir. Mardiana, S.T., M.T., Ir. Vera Agustriana N, S.T., M.T., Ph.D., Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng, Ir. Herri Gusmedi, S.T., M.T., Ir. Martinus, S.T., M.Sc., dan Ir. Tas’an Junaedi, S.T., M.T., Ir. Akhmad Zakwan, M.Ling., serta Bupati OKU Timur Ir. Lanosin, S.T.

Mereka dikukuhkan dari kelas kerja sama PII Wilayah Lampung dengan jumlah total 113 mahasiswa. Pengukuhan 113 insinyur dilakukan oleh sekjen PII Pusat, wakil rektor bidang PKTIK Unila, dan dekan FT Unila.

Selain Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Ir. Suharso, Ph.D., sejumlah tokoh publik nampak hadir pada acara ini meliputi, Sekretaris Jenderal PII Pusat Ir. Bambang Goeritno Soekamto, M.Sc., M.P.A., I.P.U., APEC., Eng., Ketua Komite Pengembangan Organisasi PII Pusat Dr. Ir. Eden Gunawan, M.M., I.P.M., ASEAN, Eng.

Selanjutnya, Ketua Umum PII Wilayah Lampung Ir. Taufik Hidayat, M.M., M.P., I.P.M., Dekan Fakultas Teknik Unila Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Ir. Anthony, M.M., yang juga menjadi salah satu insinyur yang dikukuhkan hari ini.

Pembukaan acara dilakukan langsung Wakil Rektor Bidang PKTIK Unila Prof. Suharso, yang pada sambutannya menyampaikan peranan penting insinyur dalam pembangunan, mulai dari fase inisiasi, perencanaan, eksekusi, monitoring, hingga fase project close out.

Pengukuhan PSPPI merupakan bagian implementasi amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. “Semuanya membutuhkan insinyur-insinyur andal yang mengedepankan profesionalisme, etika, dan integritas, dengan menjunjung tinggi dan menjalankan kode etik profesi insinyur,” ujar Suharso. [Humas/Rilis]