Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

MISI HMD Bahasa Indonesia untuk Sambut Maba Departemen Bahasa Indonesia 2022

MISI HMD Bahasa Indonesia untuk Sambut Maba Departemen Bahasa Indonesia 2022
image_pdf

Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Bahasa Indonesia melaksanakan serangkaian sambut mahasiswa baru pada tingkat Departemen dengan mengadakan MISI (Motivasi, Inspirasi, dan Edukasi). Program kerja dari bidang Pendidikan HMD Bahasa Indonesia tersebut dilaksanakan secara luring di ruang Lecture Hall Lantai 9 Gedung A19 UM pada Sabtu (10/9/2022). MISI mengundang dua pemateri yaitu Ilhamuddin Nukman, S.Psi., M.A, C.Ht, CMH, sebagai pemateri psikologi dan Yohan Fikri Mu’tashim, S.Pd., sebagai pemateri kesastraan. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Sastra UM, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., Ketua Departemen Bahasa Indonesia Dr. Roekhan, M.Pd., serta Pembina HMD Bahasa Indonesia Cicik Tri Jayanti , S.Pd, M.A.

Dalam sambutannya, Ketua Departemen Bahasa Indonesia Dr. Roekhan, M.Pd., memberikan sedikit gambaran kepada para peserta tentang MISI. “MISI adalah program yang sangat bagus bagi mahasiswa baru karena mengajarkan untuk berkenalan lebih dalam isi dari Departemen Bahasa Indonesia, termasuk program studi yang ada di dalamnya. Mahasiswa belajar mendalami masing-masing sesuai yang diinginkan,” jelasnya.

Wakil Dekan III Fakultas Sastra UM Prof. Dr. Yusuf Hanafi , S.Ag., M.Fil.I., juga turut memberikan sambutan dengan memotivasi mahasiswa baru sekaligus membuka acara dengan resmi. “Fase-fase belajar mahasiswa pada perguruan tinggi ada tiga, yaitu fase adaptasi, prestasi, dan profesi. Ketiga hal tersebut untuk mencetak lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Supaya kita betul-betul bisa lulus tepat waktu dan selama belajar di UM bisa melalui tiga tahap dengan baik, ada tiga hal yang harus dipupuk, yaitu head dengan meningkatkan kualitas diri, hand adalah kita harus mengembangkan soft skill, kemampuan untuk berkreasi dan berkarya, heart yaitu hati karena sukses tidak hanya cukup dengan soft skill, tetapi kita harus memiliki sikap sosial,” ujar Wakil Dekan III.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan MISI dan penyampaian materi dari pembicara yang sudah diundang. Peserta begitu antusias ditambah penampilan-penampilan dari Lembaga Semi Otonom (LSO) di bawah naungan HMD Bahasa Indonesia, yaitu Griya Sastra Tari, Griya Sastra Puisi, dan Teater Pelangi sebagai bentuk promosi LSO kepada mahasiswa baru.

Internship Humas UM -Nahdiatul Affandiah