Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

FMIPA UM Menjadi Tuan Rumah IC2MS yang Bertekad Berkontibusi pada SDGs

FMIPA UM Menjadi Tuan Rumah IC2MS yang Bertekad Berkontibusi pada SDGs
image_pdf

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah dalam The 4th International Conference on Chemistry and Material Sciences (IC2MS). Konferensi Internasional tersebut merupakan hasil kolaborasi antar 4 perguruan tinggi ternama, yaitu Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Jember (UNEJ), Universitas Brawijaya (UB), dan anggota terakhir sebagai Co-host dari Malaysia Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam. Acara tersebut bertempat di Savana Hotel secara luring pada 8-9 September 2022.

Dalam sambutannya, ketua pelaksana IC2MS Eli Hendrik Sanjaya, S.Si., M.Si., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas antusias peserta dan partisipan untuk acara berskala internasional ini. “Saya sangat senang berada di sini karena ini kali pertamanya saya dipercayai menjadi ketua IC2MS. Acara ini merupakan konferensi konsorsium dari Departemen Kimia UM, UB, UNEJ, dan UITM. Semoga dapat meningkatkan ilmu dan kerjasama penelitian juga dapat meningkatkan kualitas IC2MS. Sejak 2015 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) adalah panggilan universal. Kimia dapat memainkan peran penting pada hal tersebut. Tema konferensi ini adalah Peran Ilmu Kimia, Material, dan Biomaterial dalam tujuan pembangunan berkelanjutan,”. ujarnya.

“Beberapa topik yang akan dibahas, yaitu Kimia Anorganik, Kimia Organik, Kimia Analitik, Kimia Fisik, Biokimia, Ilmu Material, Biomaterial, Teknik Jaringan dan Industri Farmasi, Ilmu Material Material dalam Teknik Konstruksi, Energi Terbarukan dan Sel Bahan Bakar, Kimia Komputasi dan Material Sains. Melalui topik-topik tersebut, kami berharap dapat berkontribusi lebih signifikan terhadap pencapaian SDGs,” terang Eli Hendrik Sanjaya, S.Si., M.Si.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing partisipan. Konferensi berjalan dengan sempurna dilanjutkan mengeksplor kota Malang dengan pergi ke Gunung Bromo bersama para partisipan.

Internship Humas UM -Nahdiatul Affandiah