Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Akuntansi UAD Gelar Workshop Business Plan for Winning Business

Akuntansi UAD Gelar Workshop Business Plan for Winning Business

Workshop Business Plan for Winning Business yang diadakan Prodi Akuntansi FEB Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Eka Marcella)

Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Workshop Business Plan for Winning Business dengan mengusung topik utama bisnis yang sukses diawali dengan perencanaan yang baik. Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 24 September 2022, di Ruang Auditorium Kampus I UAD.

Workshop yang digelar pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini merupakan salah satu agenda Prodi Akuntansi dalam rangka mengembangkan kapasitas dan kualitas mahasiswa dalam mengelola bisnis. Selain itu sebagai bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) prodi tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. dalam sambutannya berpesan kepada seluruh audiens untuk jangan ragu dalam membangun bisnis, tetap berpikir tentang peluang, serta berjiwa besar. Sebab pikiran besar akan menciptakan hasil yang besar pula, begitu juga sebaliknya.

Sesuai dengan latar belakang diselenggarakannya kegiatan itu, Prodi Akuntansi menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Ia adalah Eko Suhartanto, Ph.D. yang merupakan pendiri dan kepala Indonesian Entrepreneurship Educators Association (Perwira Indonesia). Dalam pemaparannya ia menjelaskan bahwa betapa pentingnya perencanaan bisnis yang baik. Ia kemudian secara lugas berbagi ilmu terkait analisis peluang usaha yang di dalamnya mencakup identifikasi peluang bisnis, analisis permintaan, dan analisis penawaran.

Eko juga membahas mengenai strategi bisnis yang mencakup model bisnis, visi misi dan nilai-nilai, tujuan dan sasaran, modal kewirausahaan, analisis industri, analisis SWOT, serta strategi TOWS. Terakhir, ia membahas perencanaan manajerial yang mencakup perencanaan pemasaran, operasional, keuangan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Acara ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika Prodi Akuntansi UAD, khususnya mahasiswa semester 7 dengan konsentrasi akunpreneur, akuntansi syariah, dan akuntansi sektor publik.

Dr. Dini Yuniarti, S.E., M.Si., CIQnR. selaku dekan Prodi Akuntansi berharap, seluruh audiens yang hadir dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang luas tentang kewirausahaan, khususnya perencanaan bisnis. Menariknya, acara tidak berhenti sampai di situ. Setelah penyampaian materi, di akhir sesi diumumkan syarat dan ketentuan serta format penulisan business plan competition yang diselenggarakan khusus untuk seluruh peserta yang hadir dengan total hadiah berupa modal usaha hingga 21 juta rupiah. (eka)

uad.ac.id