Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Anugerah Dosen Academic Leader 2022, Dicari Dosen UNJA Penuh Inovasi!

Anugerah Dosen Academic Leader 2022, Dicari Dosen UNJA Penuh Inovasi!

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) siap mengadakan ajang pemilihan ‘Anugerah Dosen Academic Leaders 2022’. Hal ini didasarkan pada Surat Direktur Sumber Daya Nomor 3500/E4/DT.04.03/2022 tanggal 28 Agustus 2022.

Langkah awal dari pemilihan tersebut dimulai dengan rapat antara panitia dan tim penilai yang berlangsung di Ruang Petuah Lantai III Gedung Rektorat UNJA Mendalo, Senin (26/09/2022). Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik,  Dr. Drs. Kamid, M.Si.; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si.; Ketua Dewan Pertimbangan Pertimbangan UNJA, Prof. Dr. Sukamto Satoto, S.H., M.H.; Koordinator Kelompok Substansi Hukum dan Kepegawaian, Zufri Afdhal, S.Kom., M.M.; Korpus HUMAS dan Promosi UNJA, Mochammad Farisi, S.H. LL.M.; serta para panitia ajang pemilihan tersebut.

Seleksi di internal Perguruan Tinggi Negeri dan LLDIKTI berlangsung pada 7-30 September 2022 dengan batas akhir pendaftaran calon penerima anugerah pada 7 Oktober 2022. Penyerahan anugerah tersebut akan dilaksanakan pada 7 Desember 2022.

Kategori nominasi Anugerah Dosen sebagai Academic Leaders terdiri dari bidang ilmu sains dan teknologi, ilmu sosial dan budaya, serta ilmu seni dan budaya. Tujuan dari ajang pemilihan tersebut ialah memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi MBKM dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian IKU UNJA.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNJA, Dr. Drs. Kamid, M.Si., dalam pembukaan rapat menjelaskan apa saja yang akan dilakukan dalam proses pemilihan Anugerah Dosen sebagai Academic Leaders.

“Pada hari ini kita membicarakan program Anugerah Dosen Academic Leaders UNJA tahun 2022. Saya kira ini program yang sangat penting untuk kita duduk bersama dan mendapat gambaran yang jelas tentang dari bagian kepegawaian tentang instrumen dan kriteria yang akan kita gunakan. Kita akan mengadakan penilaian internal terlebih dahulu sebelum nantinya nama-nama terpilih kita submit ke nasional,” ujar beliau.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., dalam rapat tersebut menekankan 3 poin untama dalam proses penilaian terhadap calon penerima penghargaan.

“Penilaian terhadap calon penerima Anugerah Dosen sebagai Academic Leader akan difokuskan pada capaian Tri Dharma meliputi pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat; Kontribusi terhadap pencapaian IKU PTN; serta Kapasitas kepemimpinan dalam keilmuan,” jelas beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS