Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Gelar Pelatihan Teknis Pencegahan dan Penanganan Bencana di Kampus

Unimed Gelar Pelatihan Teknis Pencegahan dan Penanganan Bencana di Kampus

Dalam rangka pencegahan, penanganan bencana di Universitas Negeri Medan Unit Hukum dan Tata Laksana Unimed menggelar Pelatihan Teknis tentang penjegahan dan penanganan bencana bagi pengelola gedung, sarana dan prasarana di lingkungan Universitas Negeri Medan, dengan mengundang 2 narasumber yaitu Kevin Batu Bara dari Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan, dan Indra Gunawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pengarahan serta pembukaan secara resmi oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si di ruang sidang A, Gedung Pusat Administrasi Unimed. (23/09/2022).

Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan Teknis Pencegahan dan Penangangan Bencana bagi Pengelola Gedung, Sarana Dan Prasaranan Unimed Hisar P. Sianturi SH menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan tersebut. Ia mengatakan tujuan kegiatan ini ialah untuk memberikan wawasan, pengetahuan serta keterampilan dasar bagi para tenaga kependidikan di Unimed dalam rangka pencegahan dan penanganan apabila terjadinya bencana, sehingga nantinya akan mampu meminimalisir resiko yang mungkin akan timbul akibat kejadian tersebut. “Kegiatan ini dilaksanakan dengan langsung melibatkan tim narasumber/ dan instruktur dari BPBD Kota Medan dan Dinas Pencegah dan DP2K Kota Medan. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari yaitu 23-24 September, yang sepenuhnya dilaksanakan di dalam lungkungan Kampus Unimed. Kegiatan ini nantinya menggunakan metode hybrid learning yaitu secara teoritis didalam ruangan (in-door) dan pelaksanaan simulasi mitigasi terjadinya bencana dilapangan (out-door).


Prof. Dr. Martina Restuati Wakil Rektor II Unimed memberikan arahan sekaligus membuka acara tersebut mengatakan Unimed sangat mendukung kegiatan seperti pelatihan untuk penanggulangan bencana ini, selain bermanfaat untuk diri sendiri juga sangat bermanfaat bagi Kampus Unimed. Ia mengatakan lingkungan kampus Unimed cukup luas sekitar 495.000 meter luas tanah dan didalamnya terdapat bangunan sebanyak 200 gedung. “Dengan adanya kegiatan pelatihan ini kita akan sama-sama menambah ilmu dan keterampilan dalam melindungi, mencegah dan menanggulangi bencana/ musibah seperti bencana banjir dan kebakaran, kita mampu sama-sama melindungi dan mengatasi masalah yang terjadi di kampus Unimed kita ini. Kita sama-sama berdoa semoga tidak ada bencana bahkan sekecil apapun yang tidak kita kehendaki di Unimed, tetapi jika Tuhan sudah berkehendak terjadinya suatu musibah di lingkungan kita tinggal ataupun tempat kita bekerja setidaknya kita sudah mempunyai ilmu dan keterampilan sehingga mampu mengatasi dan melakukan pencegahan dalam penanganan bencana tersebut kelak” ungkapnya. Prof Martina menyampaikan terimakasih kepada kedua narasumber yang telah membagikan ilmunya dalam menjaga Unimed tercinta ini. “Mari sama-sama kita mendengarkan apa yang disampaikan oleh kedua narasumber nanti, sehingga ketika terjadi bencana atau kebakaran di Unimed ini kita bias menanganinya, karena sudah memiliki wawasan dan keterampilan dari kedua narasumber. Jumlah Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 40 orang yaitu, sebagian berasal dari perwakilan fakultas dan sebgaian lagi dari lembaga.(Humas Unimed/js)