Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi PPKn UNJA Gelar Kuliah Umum Penguatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Mengantisipasi Paham Radikalisme

Prodi PPKn UNJA Gelar Kuliah Umum Penguatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Mengantisipasi Paham Radikalisme

MENDALO,-  Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema ’Penguatan Nilai-nilai Pancasila dalam Mengantisipasi Paham Radikalisme di Era Global’. Kegiatan kuliah umum ini bertempat di Aula Rektorat Lantai III UNJA Mendalo, Senin (26/9/2022).

Narasumber kegiatan Kuliah Umum tersebut adalah Guru Besar dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Marzuki, M.Ag. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP, Dr. Supian, S.Ag, M.Ag.; Ketua Jurusan PIPS, Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd.; dan para dosen prodi PPKN, serta mahasiswa sebagai peserta kuliah umum. Acara diawali dengan kata sambutan serta penyerahan plakat oleh Dr. Supian, S.Ag, M.Ag., yang sekaligus membuka acara.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan penguatan nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaaan dalam menangkal tumbuh dan berkembangnya paham radikalisme terutama dalam lingkungan UNJA. Kuliah umum ini dilaksanakan secara offline dengan jumlah peserta 90 orang mahasiswa dari prodi PPKN dan online dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang peserta dari berbagai kalangan sivitas akademika baik dosen ataupun mahasiswa.

Dekan FKIP UNJA yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Supian, S.Ag, M.Ag., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini sangat baik dilakukan, apalagi ditengah Era Globalisasi seperti saat ini.

“Kegiatan semacam ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif di era global seperti saat ini. Karena melalui upaya-upaya semacam inilah kita mampu melakukan sebuah tindakan peningkatan nilai-nilai pancasila bagi mahasiswa UNJA khususnya,” ungkap Dr. Supian.

Sementara itu, Ketua Jurusan PIPS, Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd., menyampaikan harapanya agar kuliah umum yang dilakukan ini mampu menambah wawasan secara luas kepada seluruh mahasiswa dan peserta yang hadir tentang bagaimana melakukan sebuah penguatan nilai-nilai pancasila dalam menangkal radikalisme terutama di lingkungan UNJA.

“Harapan saya, semoga dengan terlaksananya kegiatan kuliah umum hari ini dapat menjadi sarana memberikan wawasan bagi para mahasiswa dan peserta yang hadir dalam kegiatan hari ini tentang memahami upaya peningkatan dan penguatan nilai-nilai pancasila dalam menangkal radikalisme khususnya di lingkup UNJA,” tutup Dr. Rosmiati.

Dimas Anugrah Adiyadmo / IlhamRifiansyah / HUMAS