Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Menciptakan Lulusan FT yang Fasih Membaca Al-Qur’an

Menciptakan Lulusan FT yang Fasih Membaca Al-Qur’an

Unit Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (UPP-AIK) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) menyelenggarakan Test Tahsin Mahasiswa, di ruang kelas dan auditorium FT, pada Jum’at (23/9/2022). Agenda diisi oleh 25 mentor dan diikuti sebanyak 315 mahasiswa baru angkatan 2022 kelas A (reguler).

Wakil Dekan III FT UMJ, Harwidyo Eko Prasetyo, ST., MT., mengatakan bahwa test tahsin menjadi parameter untuk mengetahui kemampuan peserta dalam membaca Al-Qur’an. “Test tahsin yang diselenggarakan UPP-AIK FT UMJ pada hari Jum’at (23/9/2022), di auditorium FT UMJ, diperuntukkan bagi Mahasiswa baru 2022 yang telah lulus mendaftar pada FT UMJ. Program ini diadakan bertujuan sebagai tolak ukur peserta untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dalam membaca Al-Qur’an baik dari pengucapan huruf maupun dari segi tajwid. Dalam test ini ada beberapa aspek penilaian yang ditentukan bisa atau tidaknya dalam membaca Al-Qur’an yaitu makharijul huruf, muroatul kalimah serta kelancaran membaca,” jelas Harwidyo ketika diwawancara via pesan singkat, pada Senin (26/9/2022).

Sebelumnya, rincian kelas A terdiri dari mahasiswa teknik sipil, elektro, kimia, mesin, industri, arsitektur, informatika, serta otomotif dan alat berat. Lebih lanjut, agenda yang dimulai pukul 13.00 WIB itu berjalan lancar sampai dengan selesai.

Pada kesempatan yang sama, Harwidyo juga mengungkapkan harapannya. “Kegiatan tahsin ini merupakan salah satu sasaran mutu yang diimplementasikan pada pembelajaran. Melalui program tahsin ini, saya berharap agar semua lulusan FT UMJ fasih membaca Al-Qur’an sehingga secara otomatis mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran lanjutan dengan mudah,” tutup Harwidyo.

Test Tahsin UPP-AIK FT UMJ merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru angkatan 2022 dalam rangka pemetaan bacaan Al-Qur’an dan kelas mentoring AIK selama kuliah. Selain itu, test tahsin juga sebagai syarat sidang tugas akhir D3, skripsi mahasiswa alih jenjang, tesis S2, kerja praktik mahasiswa S1, dan skripsi mahasiswa S1. Adapun kelas B (karyawan) yang akan mengikuti agenda tersebut sebanyak 93 mahasiswa baru, yang akan diinfokan lebih lanjut via instagram aikftumj. (QF/KSU)