Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Kuliah Umum Fakultas Syariah bersama Prof.Dr.Drs.H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M

Kuliah Umum Fakultas Syariah bersama Prof.Dr.Drs.H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M

HUMAS UIN SUTHA – Fakultas Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, menggelar Kuliah Umum dengan tema “Peluang dan Tantangan Alumni Fakultas Syariah Dalam Era Revolusi Industri 4.0” (Senin, 26/09/2022) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023.

Kuliah umum ini menghadirkan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M sebagai narasumber.

Mengawali kuliah umumnya Prof. Amran menyampaikan rasa kagumnya dengan mengatakan bahwa UIN SUTHA merupakan kampus terindah di Sumatra yang pernah ia kunjungi. Ia sangat senang mendapatkan kesempatan hadir dan berdialog secara langsung bersama para mahasiswa UIN Jambi. Ia mengajak adik-adik mahasiswa baru agar terus bersemangat dalam menjalani perkuliahan.

Prof. Amran mengatakan lulusan Fakultas Syariah merupakan lulusan yang memiliki skill dan kemampuan dan dapat ditempatkan dimanapun. Peluang utama Fakultas Syariah secara umum dapat digunakan di seluruh lembaga hukum, Pengadilan Negeri, Pengacara, Notaris, Advokat, dan profesi hukum lainnya. Hal ini berkaca pada dirinya yang juga merupakan lulusan alumni Fakultas Syariah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 1980-an silam.

Dalam materinya Prof,Amran Suadi bercerita kilas balik alasan ketika ia memutuskan berkuliah di Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel pada masa itu, karena beliau yakin bahwa Fakultas Syariah mampu melahirkan alumni yang menjadi ahli hukum. Ia berpesan agar para alumni-alumni syariah tidak kalah saing dengan alumni-alumni lain dan harus menjadi yang terbaik diantara yang paling baik.

“Kita yakin alumni UIN Jambi akan mampu bersaing terlebih jika dibekali dengan modal dan skill yang mumpuni”, ucapnya.

Prof.Amran Suadi berharap agar kedepannya, Fakultas Syariah UIN Jambi ini memiliki lembaga pelatihan mediator bagi mahasiswa calon alumni agar memiliki kemampuan lain selain ijazah yang dibawa pulang setelah menyelesaikan perkuliahan. Sebagaimana yang telah berlangsung di Fakultas Syariah UIN Sunan Ampel dan UIN Walisongo. Beliau siap menjembatani Fakultas Syariah UIN Jambi apabila ingin mengambil langkah yang sama.

Diakhir, ia menyerahkan 16 buku tulisannya kepada Fakultas Syariah UIN Jambi sebagai bahan referensi perkuliahan bagi mahasiswa dan civitas akademika.