Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Bersama Kominfo RI, MAN 2 Sleman Bekali Siswa Bijak Bermedsos

Bersama Kominfo RI, MAN 2 Sleman Bekali Siswa Bijak Bermedsos

Sleman (MAN 2 Sleman)- Bekali siswa bijak dalam bermedsos, MAN 2 Sleman bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) menyelenggarakan Literasi Digital pada hari Senin (26/09/2022) di Masjid Baitul Muta’allimin. 

“Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tidak hanya didunia nyata, namun juga terjadi di dunia maya, maka bijaklah dalam bermedsos, ujar Aulia Oktaviana Narasumber dari Kominfo RI.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI semua jurusan, dimulai pukul 10.00 WIB hingg 11.45 WIB. Kegiatan berjalan dengan lancar, masing-masing siswa mendengarkan pemaparan dengan baik.

Aulia bersama tim menjelaskan ada 6 kejahatan yang terjadi di dunia maya, antara lain 1) Scamming, upaya penipuan untuk mendapatkan uang atau sesuatu yang berharga dari korbannya, 2) Phishing, upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuhan, 3) Spamming, penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara berulang- disengaja atau tidak disengaja- tanpa dikehendaki oleh penerimanya, 4) Hacking, tindakan seorang hacker yang sedang mencari kelemahan dari sebuah sistem komputer, 5) Cyber Bullying, perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik maupun sosial yang diterima seseorang atau sekelompok orang di media sosial, 6) Malware, perangkat lunak yang dirancang untuk mengontrol perangkat secara diam-diam, bisa mencuri informasi pribadi milik kita atau uang dari pemilim perangkat. 

Di akhir pemaparan Aulia berpesan, hati-hati dalam berbagi data pribadi saat berselancar di dunia maya, mari cerdas dalam mengenali bentuk-bentuk kejahatan yang ada. “Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit ribet dan waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital,” jelasnya. (Qoma)