Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Unpas-Kazakh Ablaikhan University Jalin Kerja Sama Penguatan Aktivitas Akademik

Unpas-Kazakh Ablaikhan University Jalin Kerja Sama Penguatan Aktivitas Akademik

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”56372″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Universitas Pasundan menjalin kerja sama dengan Kazakh Ablaikhan University of International Relations and World Language (KazUIRWL) Kazakhstan. 

Langkah ini sebagai upaya optimalisasi kerja sama internasional, serta penguatan aktivitas akademik dan pendidikan.

MoU diteken langsung oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. dan Vice Rector for Youth Policy Kazakh Ablaikhan University Tatiana Seryozhkina di Mandala Saba Ir. H. Djuanda, Kampus Tamansari, Rabu (28/9/2022).

Unpas dan Kazakh Ablaikhan University sepakat untuk mengembangkan kualitas akademik dalam berbagai bentuk kegiatan.

Kerja sama bakal dilakukan melalui kunjungan akademik, joint research, pertukaran mahasiswa, pertukaran fakultas, penelitian, staf penelitian dan administrasi, pertukaran informasi dan materi akademik, perkuliahan dan simposium, dan kerja sama lainnya.

Menurut Rektor, proses internasionalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi MBKM dapat dilakukan melalui multitrack cooperation. Selain memperkuat jejaring, multitrack cooperation dapat menangkap peluang kerja sama yang lebih luas.

Di samping itu, juga mendukung implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemendikbudristek.

“Mudah-mudahan kerja sama ini menghasilkan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas SDM masing-masing dan memperkuat hubungan kedua belah pihak,” ujar Rektor.

Vice Rector for Youth Policy Kazakh Ablaikhan University Tatiana Seryozhkina mengatakan, dirinya sangat terkesan dengan sambutan dan keramahan Unpas. Ia berharap kolaborasi yang dijalin menjadi langkah awal untuk membangun negeri, khususnya di bidang kebudayaan dan pendidikan.

“Lewat kolaborasi, kami melakukan berbagai langkah kecil untuk membuat sistem pendidikan kami semakin baik,” tuturnya.

Tatiana menambahkan, kolaborasi dapat mengubah masa depan dan pemahaman budaya. “Kami percaya, MoU yang kami delegasikan jad langkah awal kolaborasi yang signifikan bagi Unpas dan Kazakh Ablaikhan University,” tambahnya. 

Pada kesempatan ini, Unpas juga menandatangani MoU dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), serta MoA antara Kantor Urusan Internasional (KUI) UPNVJ dengan Kantor Kerja Sama Luar Negeri Unpas.

Di akhir acara, Unpas memperkenalkan musik tradisional Jawa Barat lewat performance Saung Angklung Udjo. Tamu undangan juga berkesempatan memainkan angklung bersama-sama. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]