Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Akuntasi Bekali Mahasiwa Baru dengan Kuliah Umum Soal Akuntan di Era Society 5.0

Prodi Akuntasi Bekali Mahasiwa Baru dengan Kuliah Umum Soal Akuntan di Era Society 5.0

Serang,Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melangsungkan kuliah umum bertema ‘Porfesi Akuntan di Era Society 5.0 dan Pasca New Normal’ di Aula Gedung FEB, Lantai 4, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Kamis (29/9/2022). Kuliah ini diisi oleh Direktur Keuangan dan SDM Karakatau Interantional Port Dazul Herman dan dimoderatori oleh Dosen Akuntansi FEB sekaligus Ketua Tax Center Untirta Asih Machfuzhoh, S.E., M.Ak. kegiatan dilaksanakan secara hibryde (offline dan online) acara dihadiri pula oleh Wakil Dekan 1 FEB Untirta dan Sub koordinator Kerjasama Untirta.

Kaprodi Akuntansi Tri Lestari mengatakan, merupakan rangkaian Dies Natalis ke-41 Untirta sebagai pembekalan pengetahuan mahasiswa dan merupakan prioritas bagi mahasiswa baru untuk memotivasi bahwa mereka tepat memilih jurusan Akuntansi.

“Karena seringkali mereka masih bimbang bener gak ya pilihan saya di akuntansi. Ini merupakan upaya kami menyambut teman-teman di jurusan Akuntansi dan untuk melihat jauh ke depan tujuan utama akan jadi apa lulusan jurusan Akuntansi itu. Bukan hanya menjadi sebagai akuntan tetapi jauh lebih luas dari itu anda bisa menjadi apa saja, tetapi memang mainstreamnya itu jadi akuntan,” katanya.

Pada paparan materi, Dazul menjelaskan, di kantornya sudah tidak ada lagi penggunaan kertas dan semua sudah serba digital. Kemudian dalam lingkup perusahaan, integritas atau mental jujur dan bekerja ikhlas bukan hanya di dunia kerja saja melainkan juga pada saat menjadi mahasiswa.

“Itu yang paling penting, kalau integritas kita tidak bagus maka akan sulit berkembang. Kemudian bagaimana menjadi pekerja, atau anda sebagai mahasiswa itu harus terus melakukan inovasi, memberikan nilai tambah bagi lembaga,” jelasnya.

“Kita harus cepat menyesuaikan perubahan. Jurnal sudah pasti sebagai mahasiswa akuntansi tetapi lebih dari itu kita harus tahu penggunaan dalam digitalnya. Kuncinya adalah terus memperbaiki diri kita, komunikasi yang baik dan belajar ilmu-ilmu lain,” tambahnya.

Mahasiswa Akuntasi semester 1 Agestio Dwi Parwansa mengungkapkan, dampak dari perkuliahan umum ini dirinya semakin tahu dan selaras dengan pengalamannya di lapangan. Sebab, pada saat ini ia juga mengelola keuangan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta.

“Jadi lebih terang saja dan jelas ini menjadi bekal tambahan bagi saya dalam proses menjadi akuntan dan lainnya,” ungkapnya.(TMA/AAP/VDF)