Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

5 Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan

5 Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan

Apa Saja Pekerjaan yang Dibutuhkan di Masa Depan?

Sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, calon mahasiswa dan orang tua perlu mempertimbangkan jurusan dengan prospek pekerjaan yang banyak dibutuhkan di masa depan. Hal ini menjadi penting karena umumnya setiap mahasiswa yang memulai fase perkuliahan memiliki cita-cita untuk menjadi lulusan handal dan segera meraih karier impian setelah lulus.

Kebutuhan akan suatu profesi atau jenis pekerjaan tentu akan selalu berkembang dan mengalami perubahan. Hal ini dipengaruhi oleh beragam hal, salah satunya perkembangan revolusi industri 5.0 yang juga sedang dipersiapkan oleh Indonesia. Revolusi industri 5.0 adalah sinergi antara peran manusia dengan teknologi yang mampu bersanding. Bagaimana interaksi manusia ke mesin dan teknologi mampu memberikan kemajuan dan hasil yang maksimal.  Selain dinamika revolusi industri, tren prospek karier juga dipengaruhi oleh fenomena pandemi Covid-19 yang membawa banyak perubahan. Pandemi memacu setiap industri agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital yang sangat pesat. Hal tersebut mendorong beragam profesi yang mampu menjawab perubahan tersebut, menjadi semakin dibutuhkan.

Berdasarkan laporan Future of Jobs Report 2020, berikut lima (5) pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan atau pada 2025 versi World Economic Forum (WEF). Pekerjaan ini dinilai memiliki prospek masa depan cerah dan menjanjikan.

  1. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Profesi ini berperan untuk menciptakan AI atau dikenal juga dengan kecerdasan buatan yang dimiliki sistem komputer untuk meniru cara berpikir manusia. Kecerdasan buatan tersebut mampu membantu berbagai industri agar mampu menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan efektif.

Kemudian Machine Learning Specialist adalah profesi yang fokus untuk pada pemanfaatan software dan hardware yang menjadi bagian dari sistem perancangan AI. Profesi ini membutuhkan kemampuan dalam mengolah algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah dan skala besar.

  1. Data Analyst dan Data Scientist

Adanya dinamika revolusi industri dan fenomena pandemi terus mendorong industri untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi. Pemanfaatan teknologi ini harus diiringi dengan kemampuan mengolah data yang ada dalam jumlah besar (big data). Pengolahan big data yang tepat sasar akan membantu manajemen dalam membuat keputusan dan menciptakan solusi untuk mengembangkan bisnis. Beberapa profesi yang terkait dengan pengolahan big data antara lain adalah data scientist dan data analyst.

Data scientist bertanggung jawab dalam proses identifikasi, perencanaan, dan pengolahan data untuk digunakan oleh analis. Produk data yang dihasilkan oleh data scientist akan digunakan perusahaan dalam menentukan langkah selanjutnya. Beberapa kemampuan yang perlu dimiliki adalah computer programming, matematika, dan statistika.

Kemudian, seorang data analyst memiliki peran untuk melakukan pengolahan, analisis, dan memvisualisasikan data yang tersedia dengan menggunakan tools tertentu agar dapat lebih mudah dipahami. Dalam tugasnya data analyst  harus mampu menilai apa saja data yang  penting dan dibutuhkan bagi perusahaan. Data analyst juga bertanggung jawab untuk menjelaskan hasil analisis datanya kepada pihak yang membutuhkan. Jadi selain kemampuan di bidang teknologi informatika, profesi ini juga membutuhkan kemampuan di bidang komunikasi.

  1. Digital Marketing Specialist

Perkembangan teknologi yang semakin masif dan inovatif, membuat perusahaan di berbagai bidang industri beralih ke pemasaran berbasis digital atau internet (internet advertising). Internet advertising dimanfaatkan untuk menarik perhatian calon konsumen dengan cara yang lebih cepat, terarah, dan mudah ditemukan.  Untuk itu menghasilkan pemasaran digital yang efektif, seorang digital marketing specialist harus mampu mengidentifikasi target pasar, menciptakan citra merek, dan membuat strategi kampanye pemasaran di berbagai platform digital. Beberapa lingkup pekerjaannya antara lain merancang strategi konten pada media sosial, melakukan Search Engine Optimization (SEO), mengelola situs website, dan media digital lain jika diperlukan.

  1. Business Development Specialist

Dilansir data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tercatat di tahun 2021 hingga saat ini ada lebih dari 2.100 perusahaan rintisan startup di Indonesia. Bahkan di bulan September 2021, sudah ada 7 startup berstatus Unicorn dan 2 Decacorn yang telah mengembangkan pasar hingga ke luar negeri. Keberhasilan dari startup tersebut tidak luput dari peran seorang Business Development Specialist yang mampu memetakan beragam strategi untuk mengembangkan bisnis; mulai dari strategi di lingkup Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C), Business to Government (B2G), dan lainnya.

Adanya tren berdirinya beragam startup di Indonesia yang kian inovatif dan menjanjikan, menjadikan profesi sebagai Business Development Specialist juga sangat dibutuhkan. Kemampuan dari profesi ini diharapkan mampu mengembangkan bisnis perusahaan agar bertumbuh terus dalam jangka panjang dan mampu mendorong peningkatan  revenue perusahaan.

  1. Process Automation Specialist

Profesi ini bertugas untuk membangun teknologi untuk menjalankan pekerjaan berulang secara otomatis sehingga dapat menggantikan pekerjaan manual. Kemampuan ini akan menghadirkan aktivitas perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien, serta memberikan hasil yang lebih cepat juga akurat.

Tren karier didukung dengan pilihan jurusan yang tepat!

Untuk mencapai karier impian tersebut, tentunya dibutuhkan bekal pendidikan unggul. Salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) dengan jurusan yang mampu membekali mahasiswa untuk mencapai karier tersebut adalah Universitas Pelita Harapan (UPH).

Bagi calon mahasiswa yang ingin memiliki karier sebagai AI Specialist, Data Scientist, dan Data Analyst dapat memilih Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UPH. FIK UPH memiliki kurikulum yang relevan dengan tren industri, para dosen yang kompeten, dan fasilitas yang lengkap. FIK UPH juga menghadirkan beragam program yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa sejak awal untuk dekat dengan dunia industri. Terbaru, melalui program Technopreneurship Bootcamp, mahasiswa diajak untuk mendapatkan paparan dan menjalin relasi dari para pelaku industri secara langsung.

Lebih lanjut, untuk calon mahasiswa yang ingin menjadi profesional di bidang digital marketing, UPH memiliki jurusan Ilmu Komunikasi dengan salah satu fokus peminatannya yaitu Digital Integrated Marketing Communication. Para mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk menyusun strategi pemasaran yang terintegrasi melalui beragam media digital. Kemudian bagi calon mahasiswa yang ingin berkarier di bidang business development specialist dapat membekali diri melalui kurikulum unggul yang ditawarkan jurusan Manajemen UPH. Untuk calon mahasiswa yang ingin fokus di bidang automasi, UPH juga menawarkan jurusan Teknik Industri dengan salah satu fokus peminatan yaitu Automasi Industri.

Tidak hanya jurusan di program Strata Satu (S1), UPH juga menawarkan beragam program Pasca Sarjana bagi Anda yang ingin memperluas kapasitas diri melalui pendidikan lanjut berkualitas unggul. Pasca Sarjana UPH dilengkapi dengan pilihan jurusan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini, menghadirkan para dosen profesional dan kompeten, jaringan alumni yang luas dari berbagai sektor, dan koneksi industri yang kuat. Metode pembelajaran Pasca Sarjana UPH juga dibuat secara dinamis sesuai dengan kebutuhan para profesional, yaitu dengan menggunakan metode Multi-Flexible Learning (M-Flex).

lihat juga: program studi di UPH

 

UPH memberikan pendidikan unggul mulai dari program Sarjana, program Magister, dan Program Doktor yang mempersiapkan mahasiswa untuk bisa mencapat prestasi terbaik sejak masa kuliah. Menjadi lulusan yang kompeten untuk menjadi calon pemimpin masa depan yang berdampak nyata. UPH hadir sebagai tempat yang tepat bagi mahasiswa untuk menjadi  ‘The Great Achiever’!

Bagi siswa SMA kelas 12, jangan ragu untuk bergabung bersama UPH dengan memanfaatkan berbagai promo potongan biaya uang pangkal dan program beasiswa. Untuk informasi lebih lengkap, dapat menghubungi Student Consultants UPH di 0811-1709-901 atau dapat langsung mendaftar di sini.