Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Unram Wisuda 1.947 Orang, Rektor Unram: Lulusan Unram Harus Jadi Agen Perubahan

Unram Wisuda 1.947 Orang, Rektor Unram: Lulusan Unram Harus Jadi Agen Perubahan

Mataram, Universitas Mataram – Universitas Mataram (Unram) mewisuda 1.947 orang wisudawan/wisudawti periode September 2022 di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar, Unram pada Rabu – Kamis (28 – 29/9). Para wisudawan/wisudawati tersebut terdiri atas 1 orang Doktor (S-3), 159 orang Magister (S-2), 1.511 orang Sarjana (S-1), 237 orang Ahli Madya (D-3), dan 39 orang Profesi.

Dari 1.511 orang Sarjana tersebut, sebanyak 258 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 253 orang dari Fakultas Pertanian, 77 orang dari Fakultas Peternakan, 154 orang dari Fakultas Hukum, 334 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 129 orang dari Fakultas Teknik, 128 orang dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 37 orang dari Fakultas Kedokteran, 51 orang dari Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, dan 90 orang dari Program Studi di bawah Rektor.

Tercatat sebesar 8,49% wisudawan/wisudawati Program Sarjana memperoleh predikat Cumlaude. 77,58% memperoleh predikat sangat memuaskan, 11,28% memperoleh predikat memuaskan, dan 2,65% tanpa predikat. Sedangkan dari 159 orang wisudawan/wisudawati Program Magister, 28,13% memperoleh predikat Cumlaude, 65,63% memperoleh predikat sangat memuaskan, 6,25% memperoleh predikat memuaskan, dan 1 orang wisudawati Program Doktor memperoleh predikat Cumlaude.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam pidato pembukaan prosesi wisuda di Auditorium M. Yusuf Abu Bakar, Unram menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas kerja keras para wisudawan/wisudawati untuk meraih gelar kelulusan di perguruan tinggi Unram.

“Selamat kepada para wisudawan/wisudawati, karena telah berhasil menyelesaikan studi di Unram. Kerja keras yang saudara lakukan hari ini telah membuahkan hasil. Kepada orang tua para wisudawan/wisudawati, saya menyampaikan selamat berbahagia atas keberhasilan putra/putri Bapak/Ibu,” tutur Prof. Bambang.

Disampaikan bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19, proses pembelajaran mengalami modernisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi termutakhir. Oleh karena itu, Rektor Unram berharap agar dengan adanya kondisi ini memacu pertumbuhan kecerdasan dengan literasi teknologi dan literasi baru lainnya untuk menambah skill yang diperlukan di masa depan.

“Di era ini lulusan Unram harus terus tumbuh berkembang menjadi pembelajar andal yang kompeten dan bertindak cerdas, lincah dan adaptif menangkap peluang serta siap menghadapi tantangan masa depan yang terus meningkat seiring dengan kemajuan IPTEK,” ucap Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu.

Mengakhiri pidatonya, Rektor Unram mengutip perkataan seorang penulis dan pakar bisnis dari Amerika Serikat, Thomas J. Stanley, Ph.D., “kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh IPK semata maupun almamater top tempat belajar seseorang, melainkan ditentukan oleh soft skills yang dimiliki antara lain kejujuran, disiplin, memiliki kemampuan bergaul dengan orang lain, semangat kerja keras, memiliki rasa cinta pada yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur dan menjual ide atau kreatifitas.”

Kepada para wisudawan/wisudawati periode September 2022, Rektor Unram berpesan agar mereka menjaga nama baik almamater Unram, dan mereka harus menjadi agen perubahan bangsa dengan bekerja keras, kreatif dan inovatif, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan berdisiplin.