Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Ratusan Mahasiswa Se-Indonesia Berkompetisi dalam Rangkaian Lomba Dies Natalis Ke-60 Unram

Ratusan Mahasiswa Se-Indonesia Berkompetisi dalam Rangkaian Lomba Dies Natalis Ke-60 Unram

Mataram, Universitas Mataram – Dalam rangkaian Dies Natalis ke-60 Universitas Mataram, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (UKM Fatepa) menggelar Lomba Tingkat Nasional yakni National Business Plan Competition (NBPC) dengan tema “Ide dan Inovasi Generasi Muda Menjadi Creativepreneur di Era Global” dan Lombok Essay Competition (LEC) yang mengusung tema “Ide dan Inovasi Mewujudkan Indonesia Emas”, pada tanggal 24-25 September 2022.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya pembukaan, presentasi finalis NBPC dan LEC. Dalam pembukaan kegiatan tersebut turut hadir Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unram; Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri Unram; perwakilan Walikota Mataram serta seluruh Juri Lomba NBPC dan LEC.

Perlombaan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari 28 Universitas se-Indonesia. Dalam mata lomba National Business Plan Competition dibagi menjadi dua kategori lomba, yaitu kategori paper dan kategori poster. Adapun peraih penghargaan kategori paper NBPC yaitu juara 1 diraih oleh Muhammad Naufal Ramdan Hidayat dari Institut Teknologi Bandung. Juara 2 berhasil diraih oleh Sabrina Khaerunnisa dari Universitas Pendidikan Indonesia. Juara 3 diraih oleh Bagas Desta Ramadhan dari Poltekbang Palembang. Sedangkan untuk juara harapan 1 diraih oleh Harmuna Sulistia dari Universitas Jambi. Juara harapan 2 diraih oleh Nurinda Aqmalia Hafidza dari Universitas Negeri Yogyakarta. Dan juara harapan 3 diraih oleh Irma Afriana dari Universitas Mataram.

Untuk peraih penghargaan kategori poster NBPC, juara 1 berhasil diraih oleh Komang Merta Mulia Manyasa dari Universitas Udayana. Juara 2 diraih oleh Bagus Cahyadi dari Universitas Jambi. Juara 3 diraih oleh Muhammad Syafa’atur dari Universitas Jember. Sedangkan untuk juara harapan 1 berhasil diraih oleh Awal Nur mahasiswa dari UIN Alaudin Makasar. Juara harapan 2 diraih oleh Nurul ‘Ariyfatun ‘Aziyzah dari Universitas Halu Oleo. Dan juara harapan 3 diraih oleh Prasetio dari Universitas Jambi.

Selain juara tersebut, terdapat juga penghargaan best poster berhasil diraih oleh mahasiswa dari universitas terbuka yakni Alfin Dwi Noveyamto. Sedangkan kategori best paper diraih oleh Mohammad Naufal Ramdan Hidayat dari Institut Teknologi Bandung. Untuk kategori Best Presentation diraih oleh Sabrina Khaerunnisa dari Universitas Pendidikan Indonesia. Favorit poster kategori paper diraih oleh Nurinda Aqmalia Hafidza dari Universitas Negeri Yogyakarta dan favorit poster kategori poster diraih oleh Merta Mulia Manyasa dari Universitas Udayana.

Sedangkan untuk Lombok Essay Competition, Juara 1 diraih oleh Fira Rahmadani dari Universitas Politeknik Jember. Juara 2 diraih oleh Detry Al-Bukhari dari Universitas Brawijaya. Juara 3 diraih oleh Putu Purtri Agustin dari Universitas Udayana. Juara Harapan 1 diraih oleh Gesia Afifah Ayu Wulandari dari Universitas Muhammadiyah Merto. Juara Harapan 2 diraih oleh Muhammad Zaddan Rezky dari Universitas Tdaluko. Juara Harapan 3 diraih oleh Ivo Razava dari Universitas Jember. Juara umum Lombok Essay Competition (LEC) 2022 diraih oleh Gita Apriani dkk., dari Universitas Brawijaya.

Selain penghargaan di atas, ada beberapa penghargaan lain yang diberikan kepada para finalis Lombok Essay Competition (LEC), yaitu Favorit Poster bidang Pendidikan yang diraih oleh Asmita dan Dwi Wulandari dari Universitas Jambi. Favorit poster bidang Kesehatan yang diraih oleh Nuraning Iqtiarini dan Oni Susilowati dari Universitas Sebelas Maret. Favorit Poster bidang Teknologi diraih oleh Jurfilanto Lamali dan Irqi Haiqal Fahrezy dari Universitas Tadulako. Favorit Poster bidang Hukum dan Ekonomi diraih oleh M. Soleh Hariyadi Dalimunthe dkk., dari Universitas Teknologi Sumbawa. Favorit Poster Bidang Sosial Budaya diraih oleh Putu Putry Agustin dan I Gede Ryoga Kusnanda dari Universitas Udayana. Favorit Poster bidang Energy Lingkungan diraih oleh Dwi Wulandari dan Asmita dari Universitas Jambi. Favorite Poster bidang Pertanian diraih oleh Muhammad Rezky Pratama dkk., dari Universitas Jember. Penghargaan Best Poster diraih oleh Nugra Hani dkk., dari Universitas Sriwijaya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan sebagai ajang bagi seluruh Mahasiswa di Indonesia untuk mengembangkan inovasi, potensi dan kreativitasnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan Indonesia Emas. Acara ini juga didukung oleh Yayasan Rizki Prima Sentosa, sebagai salah satu mitra.