Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Unpad Kirimkan 45 Mahasiswa untuk Berlaga di Pomnas XVII

Unpad Kirimkan 45 Mahasiswa untuk Berlaga di Pomnas XVII

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran mengirimkan 45 atlet mahasiswa untuk berlaga di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, 11-19 November 2022 mendatang.

Manajer kontingen Pomnas Unpad Inu Isnaeni Sidiq, M.A., PhD, mengatakan, para atlet mahasiswa akan berlaga di delapan cabang olahraga, yaitu: renang, bola basket, futsal, karate, taekwondo, pencak silat, tarung derajat, dan panjat tebing. Para atlet setengahnya merupakan mahasiswa angkatan 2022 yang berasal dari seleksi Jalur Prestasi.

“Hampir 50 persen atlet berasal dari teman-teman di Jalur Prestasi. Ini jadi pembuktian bahwa penerimaan Jalur Prestasi di Unpad betul-betul selaras dengan kriteria prestasi yang dibutuhkan Unpad,” kata Inu saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Inu menjelaskan, sebelum dinyatak lolos ke ajang Pomnas, para mahasiswa terlebih dahulu mengikuti seleksi di tingkat daerah. Di tingkat internal, pihaknya telah mengidentifikasi kandidat yang memiliki prestasi di bidang keolahragaan untuk dikirim mengikuti seleksi di tingkat daerah.

Di luar dugaan, banyak mahasiswa Unpad yang lolos untuk berlaga di tingkat nasional. Hal ini menjadikan Unpad sebagai perguruan tinggi terbanyak kedua di Jawa Barat yang mengirimkan delegasinya di ajang Pomnas.

Lebih lanjut Inu mengatakan, jumlah mahasiswa yang lolos Pomnas tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu sekitar 30 orang. “Tahun lalu tidak sampai 45 orang tetapi menghasilkan banyak medali. Semoga peningkatan peserta ini bisa menambah perolehan medali bagi Unpad,” terangnya.

Sebelum berlaga pada November mendatang, mahasiswa akan menjalani latihan pemusatan dengan difasilitasi pengurus daerah. “Jaga militansi, jaga kesehatan, dan tetap rajin berlatih, karena hasil itu bergantung pada hasil latihan kita,” kata Inu.*