Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Guru Tamu Industri : Upaya SMK 1 Perguruan “Cikini” dalam Membekali Kompetensi Siswa untuk Menghadapai Dunia Industri

Siswa tengah mendapat bimbingan materi oleh Bpk. Tubagus Entus Madhadi guru tamu dari PT. Kawan Lama Sejahtera (29/09/2022)

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id SMK 1 Perguruan “Cikini” mendatangkan guru tamu industri dalam rangka membekali kompetensi siswa pada Kamis, 29 September 2022. Acara yang dilaksanakan di Aula Technopark ini adalah bagian dari rangkaian pemenuhan program link and match antara kurikulum sekolah dan kebutuhan industri.

Toto Haryanto selaku ketua pelaksana mengatakan guru tamu adalah sebuah program bidang Hubinmas untuk menambah keilmuan siswa yang belum mereka dapatkan di sekolah, karena sejauh ini belum terjadi link and match antara kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri.

“Jumlah peserta program guru tamu ini ada 109 siswa yang berasal dari kompetensi keahlian TKJ yang dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diikuti oleh 54 siswa pada pukul 07.30-11.00 WIB, kemudian sesi kedua diikuti oleh 55 siswa pada pukul 12.30-16.00 WIB”, imbuhnya.

“Yang kami pelajari pada program guru tamu ini adalah tentang routing, mikrotik, dan cisco, selain itu kami juga belajar tentang VPN”, ujar Abidzar Al-Ghifari salah satu peserta dari kelas XII KJA.

Lebih lanjut Tubagus Enthus Madhadi pemateri dari PT. Kawan Lama Sejahtera memaparkan materi yang dia sampaikan adalah terkait dengan routing yang biasanya digunakan untuk menghubungkan satu lokasi kelokasi yang lain, pada umumnya implementasi routing ini digunakan sebagai media komunikasi data antara kantor cabang dengan kantor pusat, selain itu sistem routing ini juga digunakan sebagai komunikasi aplikasi pos, komunikasi email privat,  komunikasi aplikasi finance dan tentunya masih banyak lagi. Dia berharap dengan materi routing ini siswa dapat mengenal sistem pe-rutean secara network, dan implementasi real diindustri telekomunikasi.

“Materi kedua adalah terkait dengan Virtual Privat Network atau VPN, yaitu sebuah layanan yang memungkinkan user dapat mengakses situs pribadi melalui server jaringan lain”, dia menambahkan.

“Saya rasa materinya sangat bermanfaat untuk menambah ilmu yang tidak kami dapatkan disekolah dan itu kami dapatkan pada program guru tamu ini”, kesan dari Reyhan Juliansyah salah satu peserta dari kelas XII KJA.

Edi Susanto selaku Wakil Kepalas Sekolah Bidang Hubinmas berharap seluruhsiswa kelas XII TKJ mendapatkan bekal dan pandangan baru tentang materi routing dan VPN yang nantinya akan mereka implementasikan didunia industri saat mereka bekerja.

Penulis : Asghor