Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Untirta Latih Intelektualitas dan Nalar Kritis Mahasiswa melalui KDMU

Untirta Latih Intelektualitas dan Nalar Kritis Mahasiswa melalui KDMU
Serang-Kompetisi Debat Mahasiswa Untirta (KDMU) kembali dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-41 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), di Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Jumat (30/9/2022). Pada kegiatan ini diikuti oleh 12 tim dengan masing-tim berjumlah dua orang plus satu pembimbing dari tiap fakultas.
Pada kesempatan ini tiap tim beradu pengetahuan dan pemahaman terkait dengan sosial, hukum, humaniora dan lain sebagainya dan dinilai juri. Adapun juri dalam kontes debat kali ini adalah dosen dari Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Untirta Dr. Ade Husnul Mawadah, S.S., M.Hum., dan dosen Ilmu Pemerintahan Untirta Yebi Ma’asan Mayrudin, M.A.
Subkoordinator Akademik Khaerul Kholqi S.P., mengatakan, KDMU sama dengan LKTI diproyeksikan mahasiswa pemenang debat ini untuk mengikuti kontes debat di level nasional yang diagendakan setiap tahun oleh kementerian.
“Output lainnya adalah memberikan ruang ke mahasiswa untuk memberikan energi positifnya tidak hanya untuk demo-demo tapi ada saluran untuk mengeluarkan aspirasi pada kegiatan ini,”  katanya.
Peserta Kegiatan Muhammad Erik berasal dari jurusan Administrasi Publik semester 5 mengungkapkan, lomba debat ini sangat bagus untuk meningkatkan intelektualitas dan daya kritis mahasiswa Untirta.
“Untuk bisa melihat intelektualitas mahasiswa Untirta mahasiswa kita bisa lihat di sini. Sementara motivasi saya ikut ingin mencari pengalaman dan meruncingkan nalar saya sebagai mahasiswa,” ungkap Erik yang bercita-cita ingin jadi kepala dinas ini.