Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MAN 1 GRESIK AWALI BULAN OKTOBER DENGAN RENTETAN PRESTASI MEMBANGGAKAN

MAN 1 GRESIK AWALI BULAN OKTOBER DENGAN RENTETAN PRESTASI MEMBANGGAKAN

MAN 1 GRESIK AWALI BULAN OKTOBER DENGAN RENTETAN PRESTASI MEMBANGGAKAN

MAN 1 Gresik mengawali bulan Oktober di tahun 2022 ini dengan kabar yang cukup membanggakan. Madrasah yang berada di wilayah Pantura atau yang tepatnya berada di Jalan Raya Bungah 46 Bungah Gresik tersebut terus menorehkan prestasi-prestasi prestisius. Prestasi tersebut berasal dari siswa MAN 1 Gresik yang mengikuti berbagai kompetisi di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Timpres (Tim Prestasi) MAN 1 Gresik, total terdapat 37 medali yang dipersembahkan oleh siswa-siswi terbaik madrasah yang berdiri sejak 42 tahun silam tersebut. 37 medali tersebut dipersembakan oleh 31 siswa kelas X hingga kelas XII. Total 31 siswa MAN 1 Gresik mengumpulkan 14 gold medal, 13 silver medal, dan 9 bronze medal, dan 1 predikat juara 3. Berdasarkan lomba yang diikuti siswa MAN 1 Gresik, terdapat 35 lomba tingkat nasional, dan 2 lomba tingkat provinsi.

Keberhasil siswa MAN 1 Gresik tersebut berpotensi terus bertambah, karena berdasarkan data yang masuk kepada Timpres masih terdapat beberapa siswa yang belum menyetorkan namanya kepada kami, kata Ketua Timpres MAN 1 Gresik Ibu Lilik Ismawati, M.Pd. tentunya keberhasilan MAN 1 Gresik dalam berbagai lomba tidak menjadikan pihak madrasah berpuas diri. Namun prestasi harus terus diraih dan ditingkatkan, karena sejak awal pihak Timpres MAN 1 Gresik terus berkomitmen untuk mewujudkan salah satu visi MAN 1 Gresik yakni menjadi madrasah yang unggul dan kompetitif. Saat ini pula pihak madrasah juga masih menanti kabar kontingen MAN 1 Gresik yang sedang berkompetisi pada MTQ tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I. kepala madrasah yang belum genap menjabat selama satu tahun tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada siswa MAN 1 Gresik yang terus mengharumkan nama madrasah melalui prestasi di berbagai perlombaan yang diselenggarakan secara daring maupun luring. Menurutnya, melalui wali kelas masing-masing, siswa setiap hari dimotivasi untuk terus berpartisipasi dalam berbagai lomba. Karena melalui kompetisi yang diikuti, siswa dapat mengukur kapasitas dan kemampuannya dalam materi yang sudah dipelajari di dalam kelas. Sehingga hasil perlombaan secara daring maupun luring dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pembelajaran di dalam kelas walau tentu ada indikator-indikator lain yang menjadi tolok ukur keberhasilan tersebut.

Ini merupakan target utama dan janji madrasah kepada seluruh peserta didik dan wali murid yang memercayakan putra-putrinya di MAN 1 Gresik. Tentu untuk mewujudkan hal tersebut, di awal tahun pihak madrasah telah menyiapkan berbagai strategi khusus. Bahkan pihak madrasah telah menyiapkan anggaran yang tidak sedikit dalam RKTM untuk membina peserta didik melalui bimbingan intensif di akhir KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Begitu pula dengan siswa yang berhasil mengharumkan nama MAN 1 Gresik, pihak madrasah juga sudah menyiapkan reward khusus sebagai apresiasi atas perjuangannya dan juga sebagai motivasi agar terus meningkatkan prestasi baik akademik maupun nonakademik.