Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Makin Lengkap! Selain Magnificat Choir, Ini Beberapa Komunitas Seni SMAN 3 Borong yang Siap Memeriahkan Resepsi Pernikahan Anda

Magnificat Choir SMAN 3 Borong saat Pose Bersama kedua Mempelai (Foto:Humas SMAN 3 Borong)

SMAN 3 Borong merupakan salah satu SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur. Sebuah sekolah yang berlokasi di Jawang, Desa Golo Kantar, Kecamatan Borong itu, tidak hanya memiliki komunitas akademik, akan tetapi beberapa komunitas seni yang memukau juga telah lama ada di sekolah yang berpredikat sebagai salah satu sekolah penggerak itu.

Khusus komunitas seni, SMA Negeri 3 Borong sebenarnya telah lama memasyarakatkan komunitas yang satu ini.

Komunitas yang didalamnya terdapat sanggar tari, seni lukis, dekorasi dan paduan suara itu sudah malang melintang di banyak perhelatan upacara pernikahan yang terjadi di area Borong dan sekitarnya.

Adapun komunitas seni SMAN 3 Borong yang paling berpartisipasi aktif dalam banyak perhelatan upacara pernikahan adalah panduan suara, sanggar tari dan dekorasi.

Untuk komunitas paduan suara, SMAN 3 Borong membatisnya dengan dengan nama Magnificat Choir. Komunitas panduan suara yang beraliran Musica Sacra (Paduan suara lagu keagamaan) itu merupakan yang paling berpartisipasi aktif dalam banyak seremonial pernikahan di area Borong dan sekitarnya.

Masih tentang Magnificat Choir, komunitas paduan suara ini dimentori oleh seorang mantan komponis Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Vincentius Gultom,
yang tentunya secara kemampuan musikal sudah tidak perlu diragukan lagi. Para siswa/i berbakat dan beberapa guru adalah anggota tetap dan aktif dalam paduan suara ini.

Selain paduan suara, komunitas seni SMAN 3 Borong yang juga sering mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat adalah sanggar tari. Sanggar tari ini sudah sering melenggak-lenggok di banyak resepsi pernikahan untuk mengiringi perjalanan para pengantin menuju pelaminan.

Begitupun komunitas dekorasi, kepercayaan masyarakat terhadapnya juga mendekati kedua komunitas seni yang telah disebutkan di atas.

Berbicara tentang komunitas seni dan partisipasinya dalam seremonial pernikahan, kemarin, Jumat, (30/09/2022), komunitas-komunitas seni dari SMAN 3 Borong kembali mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menanggung liturgi dalam sebuah seremonial pernikahan di Kapela Pra-paroki St.Hironimus Emilianus Jawang, dan juga untuk mengisi acara dalam resepsi pernikahan yang mengambil tempat di Aula Desa Golo kantar.

Adapun komunitas seni SMAN 3 Borong yang berpartisipasi dalam perhelatan seremonial pernikahan itu adalah paduan suara, sanggar tari, Master of Ceremony (Pembawa Acara) dan juga beberapa penyanyi SMAN 3 Borong yang bertugas mengisi acara dalam resepsi pernikahan itu.

Untuk diketahui, penyanyi SMAN 3 Borong adalah para Siswa/i dan juga para guru yang memiliki kemampuan mumpuni dalam dunia tarik suara.

Sementara itu, untuk master of ceremony merupakan seorang guru sekaligus mentor kelas Public Speaking di SMAN 3 Borong.

Kedua kelompok baru ini merupakan kolaborasi baru komunitas seni SMAN 3 Borong dalam memeriahkan setiap seremonial pernikahan yang dipercayakan kepada lembaga tersebut kedepannya.

Anggota Magnificat Choir
Para guru yang tergabung dalam Magnificat Choir
Para siswa/i yang tergabung dalam komunitas Magnificat Choir
para penari saat berpose dengan pelatih