Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Sabtu, 01 Oktober 2022
Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 01 Oktober 2022, MTs Negeri 7 Jember mengadakan upacara bendera untuk mengenang jasa para pahlawan nasional dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Upacara bendera dihadiri oleh Kepala Madrasah, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. dan diikuti bapak/ibu guru, karyawan serta siswa-siswa MTs Negeri 7 Jember. Kelas IX B sebagai petugas upacara. Pada upacara kali ini Bapak Agus Supaniadi, S.Pd. selaku Waka Sarana Prasarana MTs Negeri 7 Jember terpilih menjadi pembina upacara. Dalam amanatnya, Bapak Agus menyampaikan tentang peristiwa sejarah yang terjadi pada 30 September 1965.

Hari Kesaktian Pancasila berkaitan erat dengan peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) yang terjadi pada tahun 1965. Peristiwa ini ditandai dengan gugurnya para petinggi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat diantaranya Jenderal Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen Siswondo Parman, Mayjen Donald Isaac Panjaitan dan Mayjen Sutoyo Siswomiharjo. Para Jenderal yang gugur dalam peristiwa ini dikenal dengan sebutan Pahlawan Revolusi Indonesia. Dengan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila, diharapkan dapat menjadikan kita sebagai warga negara yang baik yang dapat menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Selain itu, beliau juga berharap siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember dapat terus mempelajari serta mengamalkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila.

Tepat pukul 07.45 WIB upacara selesai dan dilanjutkan dengan pengumuman-pengumuman. Pengumuman pertama berkaitan dengan tata tertib madrasah. Yang kedua yaitu pengumuman pemenang lomba semarak bazar PILKASIM MTs Negeri 7 Jember. Adapun pemenang lomba bazar sebagai berikut; juara 1 diraih kelas 8F, juara 2 diraih kelas 9A dan juara 3 diraih oleh kelas 9C. Dan pengumuman terakhir berkaitan dengan Lomba Gerak Jalan Keliling Kota (Lingkot) Kabupaten Jember. Selain mendapat penghargaan, para pemenang juga mendapat reward dari kepala madrasah MTs Negeri 7 Jember.