Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

FKG Unpad, RSGM, dan Unilever Gelar BKGN 2022

FKG Unpad, RSGM, dan Unilever Gelar BKGN 2022

[Kanal Media Unpad] Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2022 yang digelar di komplek Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Unpad, Bandung, Rabu (28/9/2022)  hingga Jumat (30/9/2022) lalu.

Mengusung tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia” gelaran BKGN ke-13 ini telah merawat 339 pasien dengan rincian 224 pasien dewasa dan 115 pasien anak-anak secara gratis. Dalam hal ini, FKG Unpad sendiri mengerahkan para dokter gigi muda maupun residen untuk melayani pasien.

Kegiatan BKGN 2022 merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara kolaboratif antara FKG Unpad, RSGM Unpad serta PT.Unilever Indonesia selaku mitra kerja pendukung kegiatan ini.

Dekan FKG Unpad Dr. Dudi Aripin, drg., Sp.KG(K), mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan FKG Unpad dengan mengintegrasikan unsur pendidikan dan penelitian.

“Kegiatan ini tetap mengedepankan pelayanan kesehatan dengan protokol ketat,” terang Dudi seperti dikutip dari laman FKG Unpad.

Head of Professional Marketing Personal Care PT. Unilever Indonesia Ratu Mirah Afifah, drg., GCClinDent., MDSc., mengatakan, BKGN kembali digelar sebagai kontribusi dalam penyelesaian permasalahan gigi dan mulut di Indonesia. Hal ini disebabkan, di masa pandemi, beberapa negara memperlihatkan adanya peningkatan permasalahan gigi dan mulut.

“Kami melakukan survei di beberapa negara memperlihatkan adanya peningkatan permasalahan gigi dan mulut selama masa pandemi, seperti kemunculan gigi berlubang baru pada 25% responden di Indonesia akibat menurunnya kebiasaan masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama kebiasaan menggosok gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur,” ungkapnya.

Karena itu, BKGN menjadi momentum bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.” Kita juga meningkatkan edukasinya termasuk transformasi digital. Mungkin itu yang bisa membuat BKGN ini capaiannya tidak hanya di kota bandung saja, tapi bahkan orang-orang yang tidak bisa datang ke FKG Unpad, bisa merasakan manfaatnya,” tambahnya.

Sebagai bentuk kontribusi serupa, FKG Unpad juga banyak menjalin kerja sama dengan berbagai layanan kesehatan. Kepala Departemen IKGM, Dr. Anne Agustina Suwargiani, drg.,M.KM. menjelaskan, hampir di 30 puskesmas Kota Bandung telah bekerja sama dengan Departemen IKGM FKG Unpad.

Melalui kerja sama ini, FKG menjadi kader mendidik masyarakt dan anak sekolah dasar. “Selain itu edukasi juga diberikan oleh program sarjana, mahasiswa ke sekolah-sekolah sekitar 10-20 sekolah setiap semester. Kemudian dosen-dosen juga pengabdiannya terus berjalan dengan pengabdiannya berbasis pada riset-riset yang sudah dilakukan,” tambahnya.

Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Riset FKG Unpad Dr. Sri Susilawati, drg.,M.Kes., potensi lain untuk memulihkan bersama senyum sehat Indonesia dan bebas gigi berlubang juga dapat dilakukan dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

“Program ini diimplementasikan dengan kegiatan mahasiswa magang di puskesmas-puskesmas Kota Bandung atau di Kabupaten Sumedang,” ujarnya. (rilis)*