Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Jelang Sertifikasi Penyiar, Ilmu Komunikasi Umsida Mengadakan Beauty Class

Jelang Sertifikasi Penyiar, Ilmu Komunikasi Umsida Mengadakan Beauty Class

Umsida.ac.id – Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ikom) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), dalam rangkaian kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mengadakan Beauty Class yang bekerja sama dengan Emina Cosmetics, pada Jum’at (30/09).

Diselenggarakan di ruang Dekan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS), kegiatan bertujuan sebagai persiapan mahasiswa untuk mengikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi skema penyiar, yang akan dilaksanakan esoknya.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Ikom, Nur Maghfirah Aesthetika M Med Kom menjelaskan bahwa menjadi penyiar televisi tidak hanya harus ahli dalam membaca naskah berita. Tetapi, mereka juga harus paham bagaimana cara agar tampil menawan di layar televisi.

“Di dalam sertifikasi penyiar juga terdapat materi mengenai penampilan. Oleh karena itu, dengan adanya Beuty Class ini guna membantu mahasiswa yang mau mengikuti sertifikasi penyiar supaya lebih paham bagaimana caranya make up di depan kamera,” ujarnya.

Beauty Class Ikom Umsida

Dalam beauty class ini, peserta sertifikasi diajarkan tentang bagaimana cara menggunakan make up yang on point dan cocok untuk diterapkan di depan kamera. Menurut Dewi Lita, salah satu mentor make up mengatakan, “Make up yang cocok untuk dipakai di depan kamera yaitu make up yang fresh, dan karena ada lighting membuat muka di depan kamera harus lebih sedikit tebal dan mencolok,” kata dia.

Tidak hanya di ikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Ikom Umsida, beauty class ini juga di ikuti oleh mahasiswa-mahasiswi pertukaran pelajar dari Universitas Muhammadiyah Jember.

Indri Ayu Safitri, salah satu mahasiswi Ikom Umsida yang mengikuti beauty class tersebut mengaku sangat senang karena pembelajaran make-upnya dilakukan dengan santai, sehingga tidak membuat para peserta tegang.

Selain itu, lanjut Indri, Tim Emina Cosmetics tidak hanya menjelaskan tentang keunggulan produknya. Namun juga membantu para mahasiswa untuk tampil percaya diri dengan make-up yang sesuai.

“Seru banget, teman-teman di awal diajarkan tahap-tahap penggunaan make up. Apalagi bagi para perempuan, tahapan ini dirasa tidak mudah. Tim Emina Cosmetics juga menjelaskan produk mana yang cocok untuk kulit wajah teman-teman. Sebab, ada beberapa kulit wajah teman-teman yang sensitif, maka diberi saran dan penjelasan serta ilmu tentang produk mana yang dirasa cocok,” pungkasnya.

*Humas Umsida