Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Desa Cendikia UNJA : Program Peningkatan Literasi Masyarakat Desa Rantau Puri Batanghari

Desa Cendikia UNJA : Program Peningkatan Literasi Masyarakat Desa Rantau Puri Batanghari

JAMBI,-  Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) IMATIKA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jambi (UNJA) menginisiasikan ‘Desa Cendikia’ di Desa Rantau Puri, Kabupaten Batanghari, Jambi. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 1 Juli sampai 28 november 2022. Monitoring dan evaluasi program tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., dosen pendamping, mahasiswa, serta pihak terkait dan mitra yang terlibat, Senin (03/10/2022).

Desa Cendikia yang diinisiasikan oleh tim PPK ORMAWA IMATIKA FKIP UNJA merupakan sebuah program yang bertujuan menciptakan suatu lingkungan peningkatan literasi masyarakat Desa Rantau Puri, Kabupaten Batanghari, Jambi. Program Desa Cendikia ini berisikan atas beberapa rangkaian kegiatan, seperti penyediaan galeri budaya, pojok literasi, pembuatan gajebo, dan pelaksanaan workshop yang berkaiatan. Program ini berlandas pada upaya-upaya peningkatan literasi sains, finansial, digital, dan budyaa.  Selain itu, program inni didukung penuh oleh pemerintah karena tim PPK ORMAWA IMATIKA FKIP UNJA, berhasil meraih pendanaan dari Belmawa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., mengungkapkan kebanggaan serta harapannya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa atas inovasi peningkatan literasi masyarakat dan pemberdayaan desa yang dilakukan.

“Saya tentunya turut bangga atas upaya-upaya inovasi luar biasa yang telah dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa kita sehingga bisa membuat program Desa Cendiki ini. Harapanya, semoga makin banyak mahasiswa UNJA yang juga berjuang lebih keras dan fokus terhadap apapun kegiatan yang dilakukan,” ungkap Dr. Teja.

Sementara itu, Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd., selaku kaprodi sekaligus dosen pembimbing kegiatan berharap bahwa kegiatan ini sangat memberikan manfaat baik bagi masyarakat desa mitra maupun bagi UNJA.

“Tentunya kegiatan yang kita lakukan ini akan sangat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat desa yang dalam hal ini adalah menjadi mitra desa terhadap program yang dijalankan. Selain itu, kegiatan ini tentunya juga memberikan dampak posisif bagi UNJA karena dapat semakin mengharumkan nama UNJA di tingkat nasional,” ungkap Feri Tiona.

“Harapan saya, dalam waktu dekat ini semoga semua kegiatan dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dalam jangka waktu yang panjang,” ungkapnya.

Wakil Ketua PPK ORMAWA IMATIKA FKIP UNJA, Sifa Fatunah, berharap ada keberlanjutan dan kesinambungan dari kegiatan tersebut.

“Harapan kami, kegiatan ini mampu meningkatkan softskills para anggota tim dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dan semoga terus bisa berlanjut dan berkesinambungan,” tutup Sifa.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Ilham Rifiansyah / HUMAS