Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Ilmu Pemerintahan UNJA Laksanakan MoU Penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta

Prodi Ilmu Pemerintahan UNJA Laksanakan MoU Penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta

JAMBI,- Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi (UNJA) melakukan kunjungan sekaligus penandatanganan MoU dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta dalam rangka mendukung percepatan sistem pemerintahan berbasis digital di masing-masing daerah, Rabu (28/09/2022).

Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas AMIKOM Yogyakarta mempunyai fokus pada bidang teknologi informasi pemerintahan, maka tema penelitian dan pengabdian bersama disepakati pada penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di masing-masing daerah. Dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan dan akses informasi yang semakin meningkat, maka ruang-ruang diskusi pada aspek digitalisasi harus semakin masif. Pelayanan yang prima tidak hanya berhenti pada kualitas layanan fisik secara langsung, akan tetapi pemenuhan seluruh kebutuan publik yang efektif dan kekinian utamanya pelayanan berbasis digital.

Selain itu, ruang kolaborasi juga akan diisi dengan poin-poin pada skema MBKM yaitu pertukaran mahasiswa, dosen, dan pengabdian pada masyarakat secara bersama. Pertemuan tersebut menyepakati beberapa poin di atas untuk kemudian ditandatangani dalam bentuk perjanjian kerja sama (MoU). Dengan penandatanganan yang telah dilakukan menjadi tanda dimulainya kolaborasi kedua Prodi demi mencapai tujuan untuk memberikan manfaat secara bersama melalui komitmen dalam pelaksanaan kerja sama tersebut. Komitmen yang dibangun akan terjaga setelah dilakukan penandatanganan MoU dan menjadi langkah awal merealisasikan fokus kajian dari kedua Prodi. Dalam upaya memperdalam kajian utamanya mengenai digitalisasi pemerintahan yang semakin kompleks, maka dengan kolaborsi akan didapati wawasan dan referensi yang lebih luas.

Sebagai langkah yang memang harus saling melengkapi, kolabrorasi menjadi terobosan yang dapat ditempuh untuk bersama-sama mencapai tujuan. Masing-masing Prodi tentu mempunyai fokus kajiannnya tersendiri dan target yang telah ditentukan untuk bisa dicapai secara menyeluruh. Maka, dalam ikhtiar mempercepat upaya tersebut, kolaborasi dipilih dengan harapan dapat membawa kebermanfaatan yang lebih luas. Pertukaran ide, gagasan, dan pemikiran tentu menjadi cara yang lebih asyik dan kekinian dengan tetap berada pada jalur pembahasan masing-masing fokus kajian. Komitmen untuk melaksanakan kolaborasi sangat diharapkan tetap terjaga dan semangat yang terus tumbuh demi kelancaran seluruh kegiatan.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Prodi telah menyepakati secara bersama poin-poin yang tertuang dalam perjanjian kerja sama. Tentu dengan komitmen untuk dapat segera menindaklanjuti MoU yang telah ditandatangani tersebut. Oleh karena itu, realisasi dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani harus dilaksanakan dengan segera.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS / Istimewa