Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MAN 2 Palembang Berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MAN 2 Palembang Berlangsung Khidmat

Humas Mandupa.

Hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2022 beberapa hari yang lalu diperingati MAN 2 Palembang dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan hari ini, Senin (3/10) di halaman MAN 2 Palembang. Pelaksanaan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila berlangsung khidmat yang diikuti oleh seluruh civitas akademik MAN 2 Palembang dan yang menjadi pembina upacara kali ini adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Emil Salim, S.Ag.

Dalam sambutannya, Emil menyampaikan kepada seluruh peserta upacara bahwasannya Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam aksi G30S PKI pada tanggal 30 September 1965 oleh PKI.

“Hari Kesaktian Pancasila yang sungguh sangat bersejarah bagi Negara kita Republik Indonesia untuk itu kita sebagai warga Negara Indonesia marilah bersama-sama memperingati dan mengenang perjuangan para pahlawan Indonesia yang gugur oleh PKI, selain itu juga jangan lupa kita mendoakan para pahlawan Indonesia yang telah gugur,”ujarnya.

Selanjutnya, Emil juga menambahkan bahwa nilai-nilai ideologi Pancasila juga telah tercantum di dalam Al-Quran. Maka dari itu, sebagai umat muslim agar memahami dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila seperti nilai-nilai moral, nilai agama, dan nilai-nilai lainnya.

“Pancasila merupakan identitas bangsa kita, walaupun di Negara kita terdapat berbagai ragam perbedaan tapi kita adalah satu yakni Raykat Indonesia yang berpegang teguh pada ideology Pancasila,”tutur Emil. (am)