Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

TSAWABILAH IRFANAH RAIH JUARA 1 MUSABAQAH HIFDZIL QUR’AN (MHQ) 15 JUZ TINGKAT NASIONAL

TSAWABILAH IRFANAH RAIH JUARA 1 MUSABAQAH HIFDZIL QUR’AN (MHQ) 15 JUZ TINGKAT NASIONAL

TSAWABILAH IRFANAH RAIH JUARA 1 MUSABAQAH HIFDZIL QUR’AN (MHQ) 15 JUZ TINGKAT NASIONAL

Setelah beberapa kali siswa MAN 1 Gresik meraih juara dalam bidang olimpiade yang diselenggarakan secara daring dan luring. Hari ini siswa MAN 1 Gresik kembali menorehkan prestasi gemilang. Prestasi berhasil dipersembahkan oleh Tsawabilah Irfanah siswa kelas XII Agama yang menjuarai Musabaqoh Hidfzil Qur’an Putri tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang (UB) pada tanggal 3 Oktober 2022.

Prestasi kali ini merupakan rangkaian prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Tsawabilah Irfanah dalam ajang serupa. Sebelum meraih prestasi ini, ia berhasil memersembahkan prestasi di berbagai lomba MTQ dan MHQ tingkat nasional dan internasional. Tentunya hal ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi madrasah dan tentunya Kemenag Kabupaten Gresik, karena memiliki bibit emas dalam bidang Musabaqoh Tilawatil Qur’an.

Siswi yang berdomisili di Desa Bungah Tersebut memang merupakan langganan juara dalam ajang MTQ tingkat Provinsi maupun nasional. Pada kurun waktu di tahun 2020-2021 saja ia berhasil meraih lebih dari 20 juara tingkat provinsi maupun nasional. Sehingga keberhasilan pada tahun ini merupakan rentetan keberhasilan yang dipersembahkan oleh Tsawabila untuk MAN 1 Gresik.

Pada tahun lalu lomba ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ????????????’???????????? ???????????????????????????????? diselenggarakan secara on line atau daring karena masih dalam situasi pandemi. Pada tahun ini ???????????????????????? ???????????????????????????????????? ????????????’???????????? ???????????????????????????????? ???????? ???????????????? diselenggarakan secara luring atau offline. Dengan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya ini mengangkat tema “???????????? ???????????????? ???????? ????????-????????????’???????? ???????????? ???????????????????????????? ???????????????????????????? ???????????????????? ???????????? ???????????????? ???????? ???????????????????????????????????????????????? ???????????????????????? ????????????????????. Adapun lomba yang diselenggarakan meliputi Cabang lomba yang dilombakan sebagai berikut:

  • Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)
  • Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ)
  • Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ)
  • Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ)
  • Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ)
  • Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (MKTIA)
  • Nasyid Grup
  • Hadrah Al-Banjari

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa MAN 1 Gresik terus mendukung siswanya untuk berprestasi di luar madrasah. Beliau berpesan siswa jangan hanya berambisi untuk meraih prestasi akademik di dalam madrasah, namun prestasi juga harus diraih di luar madrasah. Selain untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan diri, apabila siswa tersebut dapat juara, maka sertifikat juara yang dimiliki dapat menjadi sertifikat pendukung ketika mendaftar di PTN